Breaking News
Loading...
Saturday 22 June 2013

Info Post
Gary Hovland
Anda pemilik iPhone atau iPad? Kemungkinan besar peranti kesayangan Anda itu masih menyimpan banyak fungsi bermanfaat yang belum Anda ketahui. Inilah 10 tips dan trik yang bisa memaksimalkan iPhone dan iPad Anda. Para penggila gadget mungkin sudah paham soal ini, tapi bagi yang lain, bisa jadi ini akan sangat bermanfaat.
1. Akses Langsung ke Apps
Notifikasi iPhone bisa muncul bahkan saat ponselnya masih terkunci. Tak perlu unlock terlebih dulu untuk membuka aplikasinya. Tinggal swipe dari kiri ke kanan di notifikasinya, dan app-nya akan terbuka. Jika Anda memakai password, Anda harus memasukkannya setelah melakuan swipe.
2. Tap to Scroll Up
Tak perlu bersusah-payah scroll ke atas setelah sampai di ujung sebuah halaman. Sentuh status bar satu kali, dan layar akan langsung menunjukkan bagian atas halaman. Status bar ada di ujung atas layar iPhone dan iPad, tempat menampilkan jam dan ikon baterai. Fungsi ini bisa diterapkan untuk browser, email, Contacts, dan banyak aplikasi lain.
3. Split Keyboard
Anda bisa membelah papan tik iPad menjadi dua, sehingga Anda bisa memegang iPad dengan kedua tangan dan mengetik dengan kedua ibu jari. Taruh dua ibu jari di tengah papan tik dan geser ke bagian tepi. Atau tinggal sentuh dan tahan ikon keyboard di pojok kanan bawah, dan pilih Split. Ada juga pilihan Undock yang memungkinkan Anda menggeser papan tik ke atas atau bawah.
4. Berpindah-pindah App Dengan Cepat
Untuk berpindah dari satu app ke app lain, tak perlu mampir ke home screen. Double tap tombol Home di bawah layar, dan tray berisi ikon aplikasi akan muncul. Anda tinggal melakukan swipe untuk melihat-lihat pilihan app itu. Di iPad, Anda juga bisa memunculkan apps tray dengan menaruh empat jari di layar dan swipe ke atas secara bersamaan.

Anda bisa membelah papan tik iPad menjadi dua, sehingga Anda bisa memegang iPad dengan kedua tangan dan mengetik dengan kedua ibu jari.
 
5. Screenshot
Untuk mengambil screenshot, cukup tekan tombol Home dan On/Off yang ada di pinggiran kanan atas secara bersamaan. Screenshot yang Anda ambil akan tersimpan di Camera Roll, dan bisa dikirim via surat elektronik atau media sosial seperti halnya foto biasa.
6. Swipe to Search
Cara cepat untuk mencari apps di iPhone dan iPad adalah swipe kiri ke kanan di home screen. Sebuah kotak pencarian akan terbuka, dan Anda tinggal mengetikkan nama aplikasi untuk langsung membukanya. Pencarian ini juga berlaku untuk daftar kontak, email, teks, kalender, dan banyak hal lain.
7. Lebih Mudah Membaca Situs Internet
Sulit membaca-baca sebuah situs di layar iPhone yang kecil? Sentuh tombol Reader yang ada di URL bar, di bagian paling atas laman internet. Anda akan melihat versi teks yang lebih mudah dibaca dari situs tersebut. Fungsi yang juga berlaku untuk iPad ini bahkan tidak akan menampilkan iklan. Tapi tak semua situs mendukung fungsi ini.
8. Tombol Kamera di iPhone
Tombol volume up atau + di iPhone bisa berfungsi sebagai tombol shutter jika aplikasi Camera sedang terbuka. Tombol fisik ini terasa lebih mantap untuk mengambil foto. Jika Anda meminta orang lain memotret Anda, jangan lupa bahwa aplikasi Camera bisa langsung dibuka dari posisi lock. Sentuh ikon kamera di pojok kanan bawah home screen, lalu slide ke atas. Camera akan terbuka, sementara semua fungsi iPhone yang lain—serta semua foto dan video yang diambil sebelumnya—tetap terkunci.
9. iPad Sebagai Bingkai Foto Digital
Hanya dengan satu tombol, iPad bisa berfungsi sebagai bingkai foto digital. Cukup sentuh ikon Picture Frame, yang ada di sebelah kanan slide-to-unlock bar. Atur foto yang muncul di slide show via Settings, lalu pilih Picture Frame.
10. Mute/Screen Lock di iPad
Anda sering memerlukan fungsi mute di iPad? Tombol screen lock di sisi kanan iPad, yang mengunci layar di posisi portrait atau landscape, bisa beralih fungsi menjadi tombol mute. Atur fungsi tombol itu via Settings, lalu pilih General, kemudian Use side switch to: Lock Rotation or Mute.

0 komentar:

Post a Comment