"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 29 May 2013

AsKep (Asuhan Keperawatan) adalah suatu proses atau rangkaian kegiatan saat praktek keperawatan yang diberikan secara langsung kepada pasien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan.

Askep ini dilaksanakan berdasarkan kaidah-kaidah Keperawatan sebagai suatu profesi yang berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, bersifat humanistic,dan berdasarkan pada kebutuhan objektif klien untuk mengatasi masalah yang dihadapi klien.

Menurut Brunner and Suddarth, 2001, Diabetes Mellitus merupakan sekelompok kelainan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia. Pada Diabetes Mellitus, kemampuan tubuh untuk bereaksi terhadap insulin dapat menurun, atau pankreas dapat menghentikan sama sekali produksi insulin.

Diabetes Mellitus Gestasional (DMG) adalah kelainan pada metabolisme karbohidrat dari faktor yang memberatkan yang terjadi selama kehamilan (Marilyn, 2001).

Diabetes Mellitus Gestational adalah kehamilan normal yang disertai dengan peningkatan insulin resistance (ibu hamil gagal mempertahankan euglycemia).

Pada sebagian besar wanita, gestational diabetes tidak menunjukkan gejala yang tampak terlihat atau nyata. Tetapi untuk beberapa kasus, gestational diabetes dapat menyebabkan rasa haus yang sangat atau meningkatnya frekuensi berkemih.

Para peneliti masih belum mengetahui secara pasti mengapa sebagian wanita dapat mengalami gestational diabetes. Dengan mengetahui bagaimana terjadinya gestational diabetes, diharapkan juga dapat memahami bagaimana kehamilan mempengaruhi cara normal tubuh untuk memproses glukosa.

Tubuh akan mencerna makanan yang dikonsumsi untuk memproduksi glukosa yang masuk lewat peredaran darah. Sebagai respon dari hal tersebut, maka pankreas (kelenjar yang ada dibelakang lambung) akan memproduksi insulin. Insulin sendiri adalah hormon, yang membantu glukosa untuk berpindah dari dalam darah ke dalam sel tubuh, untuk digunakan sebagai sumber energi.

Selama masa kehamilan, plasenta yang menghubungkan janin dalam kandungan dengan peredaran darah ibu, juga memproduksi berbagai jenis hormon lainnya. Dimana hampir semuanya mempengaruhi kerja insulin dalam sel tubuh, sehingga akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Meskipun demikian adanya kenaikan gula darah yang sedang dalam darah sesudah makan, merupakan hal yang normal saat kehamilan.

Seiring dengan pertumbuhan janin, maka plasenta akan memproduksi lebih banyak hormon yang dapat mem-blok insulin. Pada gestational diabetes, hormon dari plasenta tersebut dapat menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah hingga tingkat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan & kesehatan bayi.

Gestational diabetes biasanya terjadi paa paruh kedua kehamilan, kadang pada usia kehamilan 20 minggu tetapi biasanya pada usia kehamilan yang lebih lanjut lagi.

Download Lengkap ASKEP Kehamilan dengan Diabetes Militus di sini (Password : www.virmansyah.info)

Askep ini disusun oleh Prista Esa Wijaya salah satu Mahasiswi Poltekkes Surakarta Jurusan Keperawatan.

0 komentar:

Post a Comment