"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 26 May 2013

Memiliki lingkungan kerja yang menyenangkan dapat membantu Anda mencegah penyakit diabetes mellitus tipe 2, demikian hasil penelitian terbaru para ahli dari Tel Aviv University, Israel.

Menurut penelitian tersebut, pekerja yang tak memiliki teman serta lingkungan kerja kondusif cederung gampang stres yang pada akhirnya membuat mereka lebih rentan diabetes. Kondisi ini bahkan tetap berlaku sama untuk para pekerja yang kelihatannya sehat-sehat saja.

Seperti dilansir laman Science Daily, temuan para ahli menunjukkan bahwa pekerja yang memiliki rekan kerja yang baik berisiko 22 persen lebih rendah menderita diabetes. Temuan itu juga mengungkapkan, pekerja yang berpikir bahwa mereka terlalu banyak bekerja atau sedikit bekerja memiliki 18 persen risiko lebih besar menderita diabetes.

Dr Sharon Toker, yang memimpin riset tersebut, melibatkan 5.843 responden yang mengunjungi Tel Aviv Health Centre untuk melakukan check-up rutin. Pada kunjungan pertama, semua responden dalam kondisi sehat. Setelah pengamatan selama 41 bulan, 182 responden menderita diabetes tipe 2.
Toker kemudian membandingkan hasil penelitian dengan status lingkungan kerja. Hasilnya, pekerja yang memiliki teman kerja yang baik lebih sehat. Lingkungan kerja yang suportif rupanya berpengaruh besar bagi perlindungan terhadap diabetes tipe 2.
Toke menambahkan, hasil riset ini mengindikasikan bahwa para pekerja yang berupaya untuk menambah beban kerja dan mereka yang selalu berharap untuk selalu masuk kantor, memiliki peningkatan risiko diabetes. Namun demikian, kata Toker, mengurangi beban kerja bukanlah solusi dalam masalah ini karena setiap orang harus terus merasa tertantang dan bahagia dalam bekerja.
Dalam pandangan Toker, pemilik perusahaan perlu berupaya untuk melindungi para karyawan dari ancaman diabetes. Salah satu caranya adalah dengan memastikan agar para karyawan selalu merasa mendapatkan dukungan penuh dan merasa dihargai.

0 komentar:

Post a Comment