Breaking News
Loading...
Sunday 23 June 2013

Info Post
tahukah kamu Pohon adalah sumber kehidupan yang melakukan banyak hal bagi manusia, yang bukan hanya saja sebagai tempat berteduh, bahan bangunan rumah, atau pencegah erosi. Pohon adalah mahluk hidup yang diciptakan layaknya manusia, hidup berdampingan dengan pepohonan lainnya serta memberikan nafasnya untuk kebaikan manusia.

Berikut 5 Fakta menakjubkan dari Pohon yang mungkin akan membuat kita terkejut dan berpikir lebih baik tentang pohon yang harus diselamatkan dari penebang liar demi kelestarian alam dan kehidupan manusia tentunya.

#1. Pohon "Berbicara" dengan pohon lainnya
 

 pohon

Apakah kamu tahu bahwa beberapa jenis pohon memperingatkan satu sama lain ketika mereka berada di bawah pengepungan oleh serangga? Sejak akhir 1970-an, para peneliti telah mempelajari fenomena ini dalam willow dan poplar.

Secara kolektif, mereka telah menemukan bahwa pohon penuh dengan serangga akan menghasilkan kelebihan bahan kimia dalam daun mereka. Bahan kimia ini tidak hanya mengurangi nilai gizi daun untuk serangga, tetapi juga memperingatkan pohon tetangga. Setelah peringatan, dekat pohon akan mulai memproduksi bahan kimia yang sama, membela diri dari serangan serupa

#2. Pohon Itu Sangat Murah dan Pendaurulang Alami

 pohon

Pohon adalah alat daur ulang alami yang sangat besar. Pohon mengatur kualitas udara kita melalui fotosintesis, menyerap hampir satu ton CO2 (karbondioksida) dalam seumur hidupnya dan menghasilkan sekitar 260 pon oksigen setahun.

Pohonpun dapat digunakan untuk mendaur ulang limbah. Pohon willow digunakan di Enkoping, Swedia, untuk membersihkan lumpur limbah, air limbah digunakan kembali, dan didaur ulang dari tempat pembuangan sampah. Kota ini menyebarkan limbah disekitar pohon-pohon, yang pada gilirannya, terurai dan didaur ulang oleh pohon tersebut. Enkoping mengkapitalisasi pohon untuk cepat tumbuh hingga mereka dapat memproduksi listrik "biomassa".

#3. Pohon Menyimpan Uang Kita

 

 pohon

Pohon dewasa yang ditempatkan disekitar rumah dapat melindungi rumah dari paparan berlebihan sinar matahari atau angin. Menurut US Forest Service, Pohon tersebut dapat menghemat penggunaan pendingin udara sebesar 30 persen dan penggunaan alat pemanas sebesar 20 sampai 30 persen.

Tapi tunggu, masih ada lagi! Dengan adanya pohon disekitar rumah membuat hidup kita lebih sehat dan bernilai tinggi dibandingkan dengan rumah gersang.

#4. Pohon Mencegah Kejahatan
 

 pohon

Dari tahun 2005 sampai 2007, US Forest Service mempelajari korelasi kejahatan dan keberadaan pohon di Portland, Oregon. Mereka menemukan bahwa daerah dengan pohon-pohon besar mengalami kejahatan kurang dibandingkan dengan yang lebih kecil.

Studi menyimpulkan bahwa pepohonan berfungsi sebagai jaring pengaman simbolis. Lingkungan dan rumah dengan pohon-pohon besar diasumsikan lebih baik dijaga dan dilindungi daripada mereka yang tanpa pohon. Selain itu, mereka berspekulasi bahwa pohon yang lebih kecil memberikan perlindungan yang lebih baik bagi para penjahat yang ingin menyelinap pada tempat tinggal.

#5. Pohon Bisa Stress Layaknya Manusia
 

 pohon

Pohon sangat sensitif terhadap lingkungan mereka. Terganggunya ekosistem baik yang disebabkan oleh manusia atau alam dapat sangat menekan pohon. Dalam lingkungan perkotaan, kualitas tanah yang buruk, pekebun pohon penuh sesak, dan persaingan untuk air antara tanaman yang berbeda membuat stres yang paling umum bagi pohon.

Jika tidak ditangani, stres tersebut dapat menghambat pertumbuhan pohon atau siklus fotosintesis. Jadi, pada saat kita melihat sebuah pohon stres, seharusnya yang dilakukan adalah menjaga tanah kaya nutrisi dan memberikan pohon kita banyak ruang untuk bernapas.

So guys, yuk kita lindungi dan lestararikan pohon kita, terlebih Indonesia yang kaya dengan hutan luasnya memberikan andil bagi kehidupan manusia sebagai paru-paru udara penghasil oksigen terbesar. Selain itu keberadaan pohon sudah jelas memberikan perlindungan dari pemanasan global yang kian memanaskan bumi.

0 komentar:

Post a Comment