"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 13 June 2013

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan trik dan panduan tentang cara memodifikasi template dengan Google Chrome


Cara ini terbilang cukup rumit namun jika sudah menguasainya saya yakin Anda akan selalu gonta-ganti penampilan tanpa bongkar pasang template. Adapun beberapa item yang dapat Anda atur dan sesuaikan dengan selera Anda diantaranya adalah lebar body, sidebar, header , footer , warna, jenis font dan masih banyak lagi sampai tidak sabar saya ingin memulai membagi tips ini.

Persiapan pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatur posisi duduk dan sediakan makanan ringan jika ada. Setelah itu kalau belum punya browser
Google Chrome silahkan download terlebih dahulu. Jika sudah silahkan ikuti langkah pokok dibawah ini :
  • Login pada Blogger menggunakan Google Chrome
  • Masuk mode Rancangan kemudian Edit HTML
  • Centang Expand Template Widget
  • Klik tulisan Download Template Lengkap mana tahu anda menginginkan template seperti semula. saya yakin Anda sudah mahir dalam hal ini.
  • Setelah itu buka blog Anda pada New Tab, biarkan proses loading sampai selesai.
    Sekarang saya beri contoh bagaimana merubah warna tulisan pada sidebar
 
Perhatikan warna teks pada gambar disamping adalah warna sebelum saya modif
  • Masih pada browser google chrome, klik kanan teks yang ingin dirubah warnanya,kemudian klik Inspect element, saya contohkan tampilannya seperti ini
  • Setelah itu akan muncul menu pop up Developer Tools, dan perhatikan dengan seksama bagian yang ada dalam kotak merah.
  • Pada kolom sebelah kiri Anda adalah bagian dari beberapa elemen yang menyusun template Anda. Sedangkan pada bagian dalam kotak merah sebelah kanan adalah elemen yang Anda klik kanan tadi, lihat gambar kedua dari atas. Sekarang kebagian intinya. Perhatikan Kotak merah sebelah kanan saja! Jika Anda menginginkan warna teks sidebar tersebut diganti menjadi warna putih, silahkan cari tulisan (lihat dalam kotak sebelah kanan)  #sidebar-wrapper a { pada menu Edit html dan ganti kode #00f menjadi #fff, namun sebagai percobaan sementara bisa juga hilangkan ceklist tersebut dan lihat perubahan sementara pada blog. Jika sesuai dengan petunjuk maka hasilnya akan seperti ini :
  • Sebenarnya terlalu rumit bila dijelaskan dengan tulisan namun jika Anda sudah paham, akan sangat menyenangkan sekali dapat memodifikasi template blog sendiri. Sebab selain contoh diatas, cara meringankan beban blog sampai mencuri kode script blog lain juga bisa dengan cara ini dan akan saya bahas pada postingan berikutnya.
Demikian blogger tutorial mengenai Cara Memodifikasi Template Dengan Google Chrome .
 
Semoga bermanfaat dan semoga berhasil.
Terima Kasih ^_^ 

0 komentar:

Post a Comment