"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 26 June 2013

Bengkulu sebuah provinsi yang belum begitu populer, belum begitu terjamah oleh turis asing (satu dua turis sih ada) padahal Bengkulu memiliki keindahan alam yang super indah. Bahkan sepengetahuan saya kota Bengkulu mulai di kenal saat Bengkulu mengalami gempa dahsyat tahun 2000 silam. Dulu sekali pernah admin berkenalan dengan seseorang via YM, saat menyebut asal dari Bengkulu dia kebingungan “Bengkulu di mana yah?” Sebel juga sih dia ngak tahu kota Bengkulu rasanya seperti Kota Raflesia ini kota yng terpencil dan pinggiran gitu heee…Saat di jelaskan tentang letak Bengkulu dia malah tahunya “Oh Bengkulu yng kena gempa itu yah?”
Objek Wisata Bengkulu
Ok berikut admin jabarkan bahwa Bengkulu adalah kota mungil nan indah. Kota yng ingin menjadi kota pelajar ini memiliki aset-aset daerah yng istimewa. Bengkulu sudah memiliki fasilitas-fasilitas moderen dan hotel-hotel berbintang walapun belum berbintang lima tapi setidaknya sudah mewah-mewah. Objek wisata kota bersimbol bunga raflesia ini banyak loh. banyak sekali monumen-monumen bersejarah, museum, pemakaman ingris dan makam panglima perang asli Indonesia kemudian tugu-tugu sejarah, kebudayaan yng sakral, rumah peninggalan Ibu Fatmawati dan rumah pengasingan Bung Karno. silahkan simak deh objek wisata Bengkulu di bawah ini:
1. Pantai Panjang
Pantai panjang atau long beach sesuai namanya pantai ini begitu panjang hingga lebih dari 7 km dengan di hiasi pohon cemara sepanjang jalan. Pantai panjang di awali dengan wisata pasir putih, ada lestoran plus hotel ternama, area parkir, mall, kolam renang, cottage, dan khusus wilayah pasir putih ada gajah-gajah yng bisa di tumpangi. Saat ini pantai panjang sudah tersedia sport center di mana tempat itu di gunakan untuk masyarakat umum tanpa terkecuali bermain dan berolah raga, ada lapangan bola, lapangan basket dll. Juga ada gokart dan penyedia sepeda yng bisa di sewa untuk anda-anda yng ingin bersepeda di sore hari.
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
2. Tapak Paderi
Setelah dari pantai panjang dapat berlanjut ke tapak paderi, dimana di wilayah tapak paderi juga berdirih kokoh benteng marlborough. Disini berjejer warung2 mini penjual jagung bakar dan minuman, juga tempat muda mudi menghabiskan waktu sore melihat sunset. Ada juga arena kolam dari air laut lumayan luas tempat bermain dan naik bebek-bebek gayung.
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
3. Benteng Marlborough
Benteng Marlborough merupakan benteng peninggalan saat zaman penjajahan Inggris. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi lautan, benteng yng didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 dan di bawah kepemimpinan gubernur Joseph Callet dahulunya benteng kokoh berbentuk kura-kura ini berperan ganda yaitu markas pertahanan militer sekaligus kantor pusat perdagangan dan pemerintahan Inggris.
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
4. Pantai Jakat
Dari pantai panjang ke tapak paderi jalan sepanjang pantai ini berujung ke pantai jakat. Pantai jakat kini merupakan tempat berenang ria masyarakat umum baik tua maupun muda, bermain banana boat, jet ski dan juga berselancar, tentu saja dengan penjaga pantai. Wilayah pantai ini juga terdapat aktivitas nelayan tradisional yang berdomisili di sekitar kawasan pantai. Di pinggiran jalan penjual ikan laut segar menyajikan banyak pilihan ikan laut, jadi banyak ibu2 dan bapak2 berburu ikan laut pada sore hari. Kemudian pantai jakat ini di akhiri dengan kualo di mana kualo terdapat jembatan yng di jadikan tempat bertengger anak2 muda untuk menikmati suasana alam dan Outbound. Permainan jembatan tali, tali keseimbangan, dan Flaying fox.
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
5. Danau Dendam Tak Sudah
Danau nan indah ini tempat yang pas untuk bersantai bersama keluarga, kesejukan alam masih sangat terasa di sini. Danau ini mempunyai kisah rakyat loh. Gini ceritanya ” legenda sepasang kekasih yng mengikat janji sehidup semati, namun cinta mereka tak kesampaian karena orangtua sang gadis tidak merestui. Gadis tersebut dijodohkan dengan pria lain. Atas dasar cinta lalu sepasang kekasih dimabuk asmara ini bunuh diri ke dalam danau, oleh karena itu danau ini di sebut danau dendam tak sudah”
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
6. Rumah Gubernur Inggris Thomas Stamford Raffles
Thomas Stamford Raffles adalah Gubernur terakhir Inggris di Bengkulu. Dalam masa kekuasaannya Raffles tinggal di rumah ini, selain digunakan sebagai tempat tinggal, juga dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas dalam pemerintahannya. Kini di pekarangan rumah bercat putih ini memelihara banyak kijang. Hingga setiap sore banyak masyarakat berkunjung kesini membawa anak cucu untuk memberi makan kijang.
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
7. Taman Remaja
Taman remaja mungkin objek wisata bengkulu yng terkucilkan karena terlihat sedikit semerawut namun taman remaja adalah tempat yang indah, taman dalam pusat kota yng berpotensi menjadi salah satu aset daerah yng bisa mendatangkan turis lokal dan turis asing. Adanya kebun binatang dan Pepohonan yang rindang di taman remaja membuat kesejukan dan menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda bahkan tempat ajang adu burung murai.
“Maaf Belum Ada Foto yng Bisa Di Publis”
8. Objek Wisata Pulau tikus
Objek Wisata Pulau tikus adalah pulau karang kecil yang terletak di sebelah barat kota Bengkulu. Pada masa dahulu pulau ini merupakan tempat kapal-kapal berlabuh untuk berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia. Ukuran pulau ini sekitar 60 x 100 meter dan di sini juga terdapat menara mercusuar. Di pulau ini terdapat penyu hijau yang biasa bertelur.
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
9. Bunga Raflesia
Bunga besar ini adalah simbol dari kota Bengkulu sendiri tapi sayang bunga ini tumbuh dan mekar di tempat yng berpindah-pindah dan musiman tapi tetap di wilayah pegunungan liku sembilan Bengkulu. Raflesia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat dan tidak berdaun tidak bertangkai sehingga tidak mampu berfotosintesis. Rafflesia Arnoldii berukuran raksasa dan diketahui hanya terdapat di Sumatera dan penyebarannya berada di sepanjang punggung Bukit Barisan dari Aceh sampai Lampung dengan pusat ekologi di Bengkulu.
Objek Wisata Bengkulu
Objek Wisata Bengkulu
Nah objek wisata di atas adalah khusus di kota bengkulu. Kabupaten-kabupatennya juga memiliki wisata tersendiri yang tidak kalah menarik.

0 komentar:

Post a Comment