"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 20 July 2013


Jika kita berbicara mengenai foto editing, pastilah pikiran kita langsung menuju kepada program Adobe Photoshop. Hal tersebut sangatlah wajar karena Photoshop memang program editing foto paling populer yang ada saat ini. Namun sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot menggunakan program photoshop untuk melakukan beragai editing foto karena berbagai aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan program Microsoft Word saja. Ya, aplikasi pengolah kata buatan Microsoft itu kini sudah dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas editing foto seperti menghapus dan edit background foto, membuat layer, dan lainnya. ingin tahu langkah-langkah editingnya? Simak ulasan Paseban berikut ini.
Langkah Menghapus Backgroud Foto
Menghapus atau edit background foto merupakan aktivitas editing foto yang paling banyak dilakukan. Nah jika Anda ingin melakukannya dengan program Microsoft Word, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:
  1. Masukan sebuah gambar ke dalam dokumen, kemudian pergilah menuju ribbon picture tools untuk menemukan fitur remove background
  2. Pilihlah area gambar yang ingin Anda pertahankan dan yang ingin Anda hapus. Mungkin Anda membutuhkan waktu beberapa menit jika gambar tersebut memiliki pola yang agak rumit.
  3. Klik opsi mark areas to keep untuk menandai area yang ingin dipertahankan
  4. Klik opsi mark areas to remove untuk menandai area yang ingin dihapus
  5. Anda dapat mengklik opsi delete mark jika ingin merubah kedua area terebut
  6. Klik keep changes untuk mengakhiri proses penghapusan background ini
Jika semuanya telah selesai maka kini Anda dapat melihat foto yang jauh lebih baik tanpa adanya background yang mengganggu.
Membuat Layer Foto
Jika Anda serig berkecimpung dengan program Adobe Photoshop, pasti Anda sudah sangat familiar dengan istilah layer. Ya, dengan layer Anda dapat menumpuk beberapa foto sekaligus sehingga menghasilkan kombinasi yang cukup unik. Nah, di Microsoft word Anda juga dapat menerapkan hal serupa walaupun tentu saja layer yang ada di sini tidak sekompleks seperti yang ada di photoshop. Efek seperti layer tersebut bisa Anda aplikasikan dengan menggunakan fitur “in front of text” yang bisa Anda temukan di menu Picture Tools > Warp Text.
Dengan memilih opsi in front of text Anda dapat menumpuk beberapa gambar di atas gambar yang lainnya seperti halnya fungsi layer pada photoshop. Selain itu, Anda juga dapat memberikan efek-efek tertentu pada layer tersebut seperti halnya yang sering Anda lakukan dengan layer pada photoshop. Sebagai contoh, kali ini Anda akan menggabungkan dua foto mobil yang sama di mana Anda menginginkan background dari foto tersebut berubah menjadi sepia. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Masukan dua buah gambar ke dokumen, kemudian tumpukkan gambar terebut mengunakan fitur in front of text
  2. Hapuslah background pada foto yang di atas dengan menggunakan fitur remove background, yang dalam kasus ini Anda hanya perlu mempertahankan gambar mobil pada foto tersebut.
  3. Berikan efek warna sepia pada foto yang ada di bagian bawah.
  4. Pastikan gambar mobil yang ada pada foto bagian atas berada tepat di atas mobil yang ada di bagian bawah.
Jika semuanya telah selesai, maka kini Anda akan melihat sebuah foto mobil dengan background berwarna sepia di sekelilingnya.
Membuat shape dan curve
Pernahkah Anda menggunakan fitur Pen di photoshop yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai macam shape yang menarik? Ya, Microsoft word juga memiliki fitur serupa yang disebut sebagai Edit Points. Anda dapat mengguanakan edit points pada shape di icrosoft word untuk memanipulasi dan menciptakan sebuah shape yang unik. Untungnya, karena Microsoft word menggunakan vector graphics dan bukan raster graphics, maka akan sangat mudah untuk merubah maupun memperbesar shape tanpa perlu khawatir shape tersebut akan “pecah-pecah”. Dengan begitu, Anda dapat membuat shape sesuka hati Anda untuk kemudian mengaplikasikannya pada gambar yang Anda miliki.
Kesimpulan
Itulah beberapa tips serta trik yang bisa Anda terapkan pada foto Anda dengan menggunakan aplikasi Microsoft word. Walaupun tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi aplikasi foto editing semacam Adobe Photoshop, namun fitur-fitur yang disediakannya dirasa sudah lebih dari cukup untuk keperluan editing dasar. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment