"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 25 September 2013

Ketika Anda sedang terlelap, ternyata ada banyak hal menakjubkan yang terjadi. Misalnya suhu tinggi badan bertambah dan berat tubuh berkurang. Simak hal menakjubkan lain yang terjadi saat tidur selengkapnya seperti yang dilansir dari Woman's Day berikut ini.
Suhu tubuhKetika baru saja tertidur, suhu tubuh pelan-pelan akan menurun. Penurunan tersebut adalah sinyal bagi otak untuk mengeluarkan hormon melatonin agar tidur menjadi semakin nyenyak.
Berat badanAda kesenangan tersendiri bagi beberapa orang yang punya kebiasaan menimbang di pagi hari. Sebab pengeluaran air di malam hari ketika tidur membuat berat badan berkurang. Secara tidak langsung, menjaga kuantitas dan kualitas tidur mampu mendukung penurunan berat badan secara maksimal.
Tinggi badanMemang tinggi badan tidak akan banyak meningkat. Namun karena berbaring sepanjang malam, tulang belakang tidak akan mengalami penekanan sehingga membuat semakin panjang. Setidaknya tinggi badan bertambah sebanyak beberapa milimeter.
Tekanan darah dan detak jantungSaat beristirahat, organ dalam tubuh tidak akan bekerja terlalu keras dalam menjalan tugasnya. Maka dari itu tekanan darah cenderung menurun ketika tidur. Detak jantung pun lebih lambat daripada saat bangun.
Otot lumpuhHal menakjubkan ini terdengar mengerikan, tetapi sebenarnya otot yang lumpuh saat tidur adalah kondisi normal. Sebab kondisi otot lumpuh bisa mencegah tubuh dari gerakan yang dialami ketika bermimpi.
Mata kedutanKetika tidur, mata juga mengalami kedutan. Bahkan peneliti sendiri tidak tahu apa sebabnya. Hal menakjubkan ini terjadi ketika seseorang tidur dan berada pada siklus REM (rapid eye movement).
TerangsangBaik pria maupun wanita bisa terangsang ketika tidur. Bahkan ketika mimpi yang dialami sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal yang berbau porno. Akibat aktivitas otak yang butuh banyak oksigen, peredaran darah menjadi cepat dan membuat seseorang jadi terangsang.
KentutHal menakjubkan yang satu ini mungkin bukan berita menyenangkan. Namun menurut peneliti, ketika tidur seseorang punya kecenderungan untuk sering kentut. Untungnya, indra pembau responnya berkurang ketika tidur. Jadi kentut yang bau tidak akan membangunkan pasangan atau diri sendiri.
KejangBeberapa orang mengaku pasangannya sering kejang ketika tidur. Menurut para ahli, kondisi tersebut mungkin dipicu oleh rasa cemas dan stres. Sementara ahli lainnya menganggap kejang saat tidur itu normal dan tidak berbahaya.
KolagenKolagen adalah protein yang memperkuat pembuluh darah dan memberikan sifat elastis pada kulit. Ketika tidur, produksi kolagen meningkat. Jadi tidak heran jika orang yang kurang tidur wajahnya tampak lesu dan jelek. Pasalnya produksi kolagen tidak bisa dilakukan secara maksimal.
Itulah berbagai hal menakjubkan yang terjadi saat tidur. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan tidur setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

0 komentar:

Post a Comment