Breaking News
Loading...
Wednesday 11 September 2013

Info Post
Sebelum sains berkembang pesat, semua fenomena selalu dikaitkan dengan hal gaib. Masyarakat beranggapan sebuah keajaiban jika tidak berasal dari Tuhan, pasti dari Iblis. Jaman 'penyihir' (the witch) ini terjadi dalam sejarah penduduk Eropa dan Amerika di abad pertengahan.

Kalau kamu pernah menonton film-film bertema ini pasti mengerti betapa takutnya orang - kebanyakan perempuan - bila dianggap penyihir. Hidup mereka akan berakhir di tiang gantungan atau dibakar hidup-hidup oleh penduduk setempat.
 

Amerika punya sejarah kelam soal ini, hingga sekarang terus dikenang dan dibangun museum sebagai peringatannya. Lokasinya ada di Massachusetts. Di kota ini ada museum sihir bernama The Salem Witch Museum. Museum ini dibuat untuk mengenang peristiwa The Salem Witch Trial yang terjadi pada tahun 1692.

Pada waktu itu, Amerika masih berbentuk koloni-koloni Inggris. Berdasarkan hukum yang berlaku saat itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek sihir dianggap pelanggaran berat. 

amazonaws.com

everythingunderthemoon.net

Peristiwa The Salem Witch Trial merupakan kejadian dimana ratusan penduduk kota Salem yang dituduh melakukan praktek sihir, ditangkap, diadili, dan dihukum secara kejam. Mereka dituduh melakukan praktek sihir tanpa bukti yang jelas. Mereka dituduh karena mengalami penyakit aneh yang dianggap sebagai akibat dari ilmu sihir.

Akhirnya pada tahun 1697, pengadilan kota mengakui kesalahan telah memenjarakan dan menghukum mati banyak orang tanpa bukti yang jelas.

Kini, kota Salem menjadi sebuah kota wisata yang sarat akan nilai supranatural. Pengunjung kota Salem dapat mengenang peristiwa ini dengan mengujungi The Witch House, rumah milik Hakim Jonathan Corwin, salah satu hakim dalam peristiwa The Salem Witch Trials. Bangunan ini sekarang menjadi milik Departemen Taman dan Rekreasi kota Salem dan dijadikan tujuan wisata yang dilengkapi dengan program tur keliling, wisata sejarah, dan wisata arsitektur.
 
narragansettbeer.com
 
Turis juga bisa mengunjungi The Salem Witch Museum. Di museum ini pengunjung seolah-olah dapat melihat peristiwa mengerikan tersebut. Di museum ini ada pertunjukan drama teater, narasi dan dialog, serta cuplikan peristiwa persidangan pada waktu itu. Ada juga tur keliling menyaksikan sel-sel penjara buatan yang dilengkapi dengan patung-patung terpidana yang mirip dengan aslinya.

0 komentar:

Post a Comment