"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 3 October 2013

Pada saat kita akan membeli sebuah perangkat keras komputer, apakah itu CPU. Memori, Harddisk dll. salah satu faktor yang ingin kita ketahui yaitu kecepatan dan kinerja komponen tersebut. Harddisk ataupun SSD drive sekarang ini sudah mempunyai kapasitas penyimpanan yang begitu besar dan begitu pula dengan kecepatan menulis dan membacanya. Hal serupa juga terjadi pada media penyimpanan yang umum digunakan sekarang, yaitu USB flashdisk, banyak dari kita yang tidak begitu meperdulikan soal kecepatan menulis dan membaca sebuah USB flashdisk dan hanya peduli kepada kapasitas penyimpanan nya saja.

Dengan kapasitas penyimpanan sebuah USB flashdisk yang saat ini terus meningkat, jika anda membeli sebuah ush flashdisk dengan kapasitas tinggi sebesar 64GB tapi dengan kecepatan membaca dan menulis yang lambat, tentunya akan memakan waktu yang lama untuk memuat suatu file yang besar kedalamnya, bukan hanya membuang waktu dan uang, tapi bisa membuat frustrasi jadinya.
Jika anda terlanjur membeli sebuah usb flashdisk atau sudah mempunyai sebuah USB flashdisk dan ingin mengetahui kinerja atau kecepatan menulis dan membaca (R/W) nya, berikut saya akan berbagi perangkat lunak yang akan membantu kita untuk mengetahuinya.
  1. USBDeview
  2. USBDeview adalah utilitas portabel oleh Nirsoft yang memungkinkan Anda untuk menghapus daftar dan perangkat USB yang sebelumnya terpasang pada komputer Anda. Fitur lainnya adalah pilihan untuk benhmark flash drive dan opsi untuk mempublikasikan hasil Kecepatan Tes ke halaman web Nirsoft untuk melihat perbandingan.
     
    Download USBDeview

  1. SpeedOut
  2. SpeedOut adalah alat kecil, sederhana dan portabel yang dapat dengan cepat sekuensial mengukur membaca dan menulis kecepatan flash drive Anda. Program ini menjalankan tes pada tingkat rendah (perlu dijalankan sebagai admin) yang berarti nilai tidak terpengaruh oleh sistem file drive. Cukup memilih USB drive Anda dari drop down jika Anda memiliki lebih dari satu drive usb, dan SpeedOut akan berjalan 4 melewati untuk kedua membaca dan menulis tes, kemudian menampilkan nilai rata-rata untuk masing-masing. Skor dapat disimpan atau disalin dengan mengklik kanan pada judul bar. SpeedOut tidak akan merusak file dan tikak ada file yang ditimpa dan flash drive tidak perlu diformat untuk menjalankan tes.
    Download SpeedOut

  3. USB Flash Benchmark
  4. Ini adalah program pengujian kecepatan polos dan sederhana untuk USB flash drive yang akan menjalankan set lengkap tes benchmark untuk kecepatan dari potongan 1K sampai dengan 16MB, dan menampilkan hasilnya dalam grafik.
    Download USB Flash Benchmark
Perangkat lunak lainnya yang bisa digunakan untuk menguji kecepatan usb flashdisk kita : Check Flash, CrystalDiskMark dan Flash Drive/Card Tester

0 komentar:

Post a Comment