"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 22 October 2013

Seperti kita ketahui di Forum2 dan juga berita luar negeri sana, banyak sekali keluhan dengan beberapa sensor di iPhone 5S yang tidak bekerja seharusnya.
Beberapa sensor ini seperti accelerometer yang mana “sepertinya” tidak terkalibrasi dengan baik. Banyak suara2 yang masih bingung ini adalah Software Error ataukah Hardware Error.
Mengingat di iOS 7 dari iPhone versi lain (sebelum iPhone 5C dan iPhone 5S) masalah tersebut praktis tidak ditemukan. Akan tetapi di iPhone 5S dan beberapa iPhone 5C juga melaporkan kalau Sensor accelerometer tidak bekerja seperti seharusnya.
Update terbaru dari RealityCap.com menyebutkan kalau Error ini bukanlah Software akan tetapi lebih ke Hardware. Tepatnya lagi Hardware dari bagian Sensor accelerometer tersebut. Dikutip dari Chipworks, bahwa sanya Sensor accelerometer yang digunakan di iPhone 5S ini berbeda dengan versi sebelumnya (iPhone 4S, iPhone 5). Dimana di versi terbaru iPhone 5S ini menggunakan Sensor buatan dari Bosch dengan seri Sensortech BMA220 sedangkan di iPhone 4S dan iPhone 5 menggunakan Sensor buatan dari ST parts (STMicroelectronics) seperti menggunakan ST seri  LIS331DLH.
Dan berikut ini adalah Datasheet dari kedua sensort tersebut  ST LIS331DLH datasheet, dan Bosch datasheet.

iPhone 5S dan iPhone 5C
Yang menarik kedua sensor tersebut berharga tidak lebih dari 1$ atau Rp. 12.000 kalau di kurskan sekarang :) Yang menarik adalah kenapa Apple harus berpindah ke BOSCH dari yang lama, kalau emang yang lama tidak ada masalah. Kalau dari segi harga sepertinya tidak jauh Beda atau bisa dibilang sama. Tapi dari beberapa informasi Apple pindah dari ST ke Bosch adalah dikarenakan Penggunaan daya yang lebih rendah di BOSHC ini dimana Bosch hanya membutukan 1.8V sedangka ST memerlukan 2.5V.
Apple begitu peduli dengan daya ini dikarenakan di iPhone 5S sudah ada Prosesor M7 yang juga aktip terus menerus. Terus pertanyaan selanjutnya apakah Masalah Sensor di iPhone 5S ini bisa dipecahkan secara update Firmware? Kalau masalah ini seragam saya rasa Apple bisa melakukan pembetulan tanpa harus menarik semua produk iPhone 5S yang terjual. Tapi kalau secara Software belum bisa… mari kita nantikan kejutan dari Apple selanjutnya…
Berikut ini beberapa Artikel dan Juga Forum yang membahas masalah sensor iPhone 5S tersebut


Sumber : Panduan.com

0 komentar:

Post a Comment