"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 19 November 2013

Setelah akhir pekan dan kembali ke aktivitas rutin esok hari, sebaiknya perlu berpantang beberapa jenis sajian kuliner malam ini sebelum tidur. Apalagi menyantapnya dalam waktu terlalu dekat dengan jam tidur atau kala terbangun di tengah malam.

 


Jenis kuliner berikut, selain mengganggu kenyamanan tidur juga ditengarai pemicu obesitas. Alangkah lebih baik dihindari sebelum tidur tiap malam.



1. Pasta
Pasta adalah makanan yang paling berlemak. Memang pasta sepertinya solusi praktis saat lapar datang, apalagi kini banyak resep pasta instan yang hanya butuh 30 menit untuk menyiapkannya. Tapi Anda harus ingat, pasta sangat kaya akan karbohidrat, yang akan berubah menjadi lemak begitu Anda tidur. Belum lagi kalau menyebut topping-nya yang biasanya berupa keju dan minyak.


2. Pizza
Makan pizza memang lezat, apalagi sambil nonton tv di akhir pekan melihat acara olah raga. Tapi ingat, sistem pencernaan kita akan bekerja keras untuk memprosesnya di siang hari. Bayangkan bagaimana sulitnya pencernaan memprosesnya di malam hari, saat seharusnya organ pencernaan beristirahat. Pizza sangat berminyak dan mengandung bahan baku yang tingkat keasamannya tinggi, sehingga bisa menimbulkan heartburn.


3. Permen
Tahukah Anda kalau Anda juga memimpikan apa yang dikonsumsi? Fakta mengatakan bahwa makanan berlemak dan produk-produk mengandung gula, khususnya permen, berpengaruh terhadap gelombang otak manusia dan dapat memicu mimpi buruk.  Kalau menginginkan tidur yang pulas, pilihlah oatmeal, yang lebih ringan dan rendah kalori.


4. Daging merah

Daging merah memang sumber baik untuk protein dan zat besi, namun sangat mampu membuat tidur Anda terganggu, tidak nyenyak. Alhasil Anda akan bangun dengan perasaan tidak segar. Itulah sebabnya acara makan malam sering dilakukan 3 atau 4 jam sebelum tidur agar ada waktu untuk mencerna.


5. Cokelat
Cokelat hitam memang sangat baik untuk otak dan memori Anda, namun pada saat bersamaan buruk untuk lingkar pinggang, apalagi Anda menikmatinya di malam hari, saat semua kalori akan disimpan sebagai lemak. Sepotong kecil cokelat memang dessert yang baik, masalahnya orang cenderung akan menghabiskan satu batang cokelat dibanding hanya makan sepotong kecil.

Salah satu alasan jangan makan cokelat sebelum tidur, terutama cokelat hitam, adalah karena kandungan kafeinnya sangat tinggi. Ini akan membuat jantung Anda terus bekerja dan pikiran Anda terjaga. Dengan keadaan seperti ini, mana mungkin Anda bisa rileks.


6. Alkohol dalam bentuk apa pun
Alkohol benar-benar sleep killer; menyebabkan badan terus berkeringat, terbangun berkali-kali sepanjang malam. Alkohol tak hanya merusak kualitas tidur, tapi juga mengurangi jam tidur. Jangan lupa, alkohol juga tinggi kalori.


7. Burger keju
Ini buat Anda yang gemar keluar malam sekadar menikmati burger di gerai junk food, setelah itu pulang dan tidur. Sebaiknya hindari makan burger keju sebelum tidur, karena ini akan menstimulasi produksi asam secara alamiah di perut, dan menyebabkan heartburn.

 
Foto:  nuga.co
 
8.Keripik dan cemilan
Sebenarnya cemilan yang adalah makanan yang diproses sebaiknya kita hindari, tak hanya sebelum berangkat tidur. Makanan yang diproses sangat banyak mengandung MSG (monosodium glutamate) yang diketahui menyebabkan berbagai gangguan tidur. Jadi, kalau nonton acara olah raga sebelum tidur lebih baik pilih cemilan yang lebih sehat.




Sumber:
shnews

0 komentar:

Post a Comment