"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 5 November 2013

Sebagai mahluk mamalia, manusia seharusnya tidur dengan mata terpejam. Berbeda dengan ikan yang tidak memiliki kelopak mata sehingga tidur dalam kondisi melek.

Namun ada penyakit yang membuat seseorang tetap terlihat seperti membuka mata walau dalam kondisi tidur. Istilah medisnya nocturnal lagophthalmos.
 
Penyanyi Katherine Jenkins menderita nocturnal lagophthalmos / fanpop.com


Kasus ini terkuak ke publik ketika selebritas Katherine Jenkins mengalaminya. Penyannyi berusia 33 tahun itu mengaku sudah sejak kecil mengalami masalah tersebut.

"Mata saya tidak benar-benar terpejam, setidaknya setengah terbuka. Sehingga ketika saya tidur, saya terlihat seperti masih terjaga," ujarnya.

Lagophthalmos adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat sepenuhnya menutup kelopak mata. Sementara nocturnal lagophthalmos adalah ketika kelopak mata tidak bisa sepenuhnya ditutup saat tidur. Nah, ketidakmampuan untuk sepenuhnya menutup kelopak mata dapat menyebabkan iritasi mata.

Menurut American Academy of Ophthalmology EyeNet Magazine, fungsi mata menutup dan berkedip diperlukan agar lapisan air mata dan kornea tetap sehat. Sementara itu orang-orang dengan lagophthalmos akan mengalami peningkatan rasa pedih di mata, serta nyeri di pagi hari karena kondisi mata yang kering.

 
Kondisi tidur penderita nocturnal lagophthalmos / uratexblog.com


Menurut US Vision Center of Excellence, sensasi adanya benda asing juga mungkin dialami oleh orang-orang dengan kerusakan kornea.

Rabun jauh, stroke atau Bell palsy , kelemahan otot, dan kondisi yang menyebabkan jaringan parut permukaan mata merupakan faktor-faktor risiko yang mungkin muncul pada mereka yang mengalami nocturnal lagophthalmos.

Lalu bagaimana pengobatannya? Penanganan bisa dengan menggunakan topical agents, operasi, atau dengan menggunakan penutup mata di malam hari, tergantung pada penyebabnya. Bisa jadi pula dokter merekomendasikan menggunakan air mata buatan atau salep untuk kornea yang digunakan pada malam hari. 

Metode pengobatan lain termasuk menanamkan emas yang berbobot ke kelopak mata atas guna memudahkan penutupan maya, serta memakai masker mata yang menggunakan tekanan.





Sumber:
detik.

0 komentar:

Post a Comment