Breaking News
Loading...
Monday 23 December 2013

Info Post
Luka memar bisa berbagai macam penyebabnya, entah karena jatuh atau karena tak sengaja terkena benda yang keras. Dan setidaknya dalam keseharian sangat banyak kemungkinan Anda mengalami memar.
Memar apabila diterjemahkan secara medis adalah kondisi di mana darah membeku dan tidak bisa mengalir dengan baik akibat trauma. Sebenarnya ia bisa sembuh dalam waktu yang cukup singkat, hanya saja Anda harus tahu bagaimana cara perawatannya.
Apabila Anda atau orang terdekat Anda mengalami luka memar, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan memarnya dengan lebih cepat.
Konsumsi vitamin
Luka memar yang sulit hilang menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin K. Sehingga Anda harus memperbanyak konsumsi vitamin K.
Vitamin K sendiri adalah sekelompok vitamin larut dalam lemak yang fungsinya diperlukan untuk pembekuan darah. Beberapa sumber vitamin K di antaranya: bayam, brokoli, kubis, kubis mini, asparagus, dan lain sebagainya.
Kompres dengan es batu
Ketika Anda mengalami cedera atau memar, langkah utama yang harus Anda lakukan adalah mengompresnya dengan es batu. Cara ini ternyata dapat membantu mencegah pembekuan darah dan membuat darah tetap mengalir lancar.
Cuka apel
Campurkan cuka apel dengan air hangat kemudian kompreskan pada permukaan kulit. Sedikit demi sedikit, memarnya akan menghilang.
Kompres dengan nanas
Nanas mengandung enzim bromelain yang fungsinya ternyata tak hanya mengempukkan daging tetapi juga dapat mengendalikan dan menyembuhkan memar. Caranya adalah dengan mengompres luka dengan parutan nanas dan membiarkannya setengah kering. Kemudian bilas dengan air biasa.
Kompres dengan air hangat
Ada banyak memar yang dapat memicu pada pembengkakan. Selain mengompres dengan air es, Anda juga bisa mengompresnya dengan air hangat. Gunakan kain tebal atau juga alat kompres untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakitnya.
Gunakan kunyit
Sakit dan nyeri akibat memar bisa diringankan dengan mengaplikasikan kunyit pada luka. Pertama-tama, hancurkan kunyit dengan cara memarutnya, kemudian kompreskan pada memar.
Nah, demikian alternatif mengompres dan mempercepat penyembuhan luka yang memar dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment