"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Friday, 21 February 2014

Pacu adalah salah satu ikan air tawar yang hidup di sungai Amazon dan Orinoco, Amerika Serikat. Namun sekarang sudah menyebar ke berbagai belahan dunia. Yang unik, ikan omnivora ini - karena memakan daging dan sayuran, memiliki struktur gigi mirip manusia.

 

Ikan pacu sebenarnya berada dalam satu keluarga dengan piranha, yakni dari subfamily Serrasalminae. Bedanya, pacu tak mutlak pemakan daging layaknya piranha. Dulu ikan pacu yang bernama ilmiah Colossoma Macropomum dianggap herbivora, hanya pemakan tumbuhan. Namun beberapa penduduk lokal pernah menyaksikan Pacu memakan ikan-ikan kecil yang mengindikasikan kemungkinan bahwa hewan ini termasuk golongan omnivora.

Biasanya, pacu menggunakan gigi untuk memecah kacang atau buah. Namun terkadang, ia juga menggunakan giginya untuk mencabik ikan lain.  Ia dapat bertumbuh hingga mencapai panjang 90 cm dan berat 30 kg.


Penggigit Testikel
Ikan pacu tambah populer bukan hanya karena susunan giginya yang mirip milik manusia, tetapi juga sempat heboh ketika muncul berita, ikan ini suka menggigit testikel kaum pria.
 


Di lepas pantai selatan Swedia, ada peringatan agar hati-hati. Seruan juga muncul dari  Henrik Carl, ahli ikan yang bekerja di museum di Swedia, “Jangan tanggalkan pakaian renang Anda. Gunakan yang agak tebal.”

“Ikan pacu biasanya tidak berbahaya. Namun, gigitannya bisa membuat luka serius,” ujarnya. Ia menjelaskan, ikan pacu menggigit karena mereka merasa lapar. Ditambah lagi, testikel yang menonjol di dalam air begitu menarik perhatian mereka. Biasanya, ikan-ikan ini memakan kacang-kacangan, buah-buahan, atau ikan kecil. Bentuk testikel yang menyerupai kacang mungkin juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

Memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari gigitan ini. Ikan pacu tidaklah mengeluarkan bisa yang beracun. Namun demikian, gigitannya bisa saja merusak testikel yang tentunya akan memengaruhi reproduksi kaum pria.



Sumber:
xfile
wikipedia.

0 komentar:

Post a Comment