"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Friday, 24 May 2013

Pada setiap Grand Prix memenuhi semua pembalap dapat berpartisipasi dalam dua satu dan sesi latihan setengah jam pada Jumat (Kamis di Monaco), sesi satu jam pada hari Sabtu pagi dan sesi kualifikasi pada hari Sabtu sore. Sementara sesi latihan individu tidak wajib, sopir harus mengambil bagian dalam setidaknya satu sesi Sabtu untuk memenuhi syarat untuk perlombaan.

Sebastian Vettel, Red Bull Paul di Resta (GBR) Force India VJM05.
Formula One World Championship, Rd1, Australian Grand Prix, Practice, Albert Park, Melbourne, Australia, Friday, 16 March 2012 (L to R): Michael Schumacher (GER) Mercedes AMG F1, Lewis Hamilton (GBR) McLaren and Jenson Button (GBR) McLaren celebrate in parc ferme.
Formula One World Championship, Rd2, Malaysian Grand Prix, Qualifying, Sepang, Malaysia, Saturday, 24 March 2012 Timo Glock (GER) Marussia F1 Team MR01.
Formula One World Championship, Rd9, British Grand Prix, Qualifying, Silverstone, England, Saturday, 7 July 2012

Sesi kualifikasi selama satu jam Sabtu dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda, masing-masing dengan beberapa driver di jalur secara bersamaan, dan masing-masing dengan driver berjalan sebanyak putaran yang mereka inginkan:
Q1: Semua 22 mobil dapat menjalankan lap setiap saat selama 20 menit pertama dari jam. Pada akhir 20 menit pertama, enam mobil paling lambat drop out dan mengisi akhir enam tempat jaringan. Namun, driver yang waktu putaran terbaik Q1 melebihi 107 persen dari waktu tercepat ditetapkan selama sesi itu tidak akan diizinkan untuk mengambil bagian dalam perlombaan.
(Dalam keadaan luar biasa, yang dapat mencakup pengaturan waktu lap yang cocok di sesi latihan, pelayan memungkinkan pengemudi untuk memulai perlombaan. Harus ada lebih dari satu driver diterima dengan cara ini, urutan grid akan ditentukan oleh pelayan .)
Q2: Setelah istirahat tujuh menit, waktu akan direset dan 16 mobil yang tersisa maka kemudian akan berjalan dalam sesi 15 menit - lagi mereka dapat menyelesaikan banyak lap yang mereka inginkan setiap saat selama periode itu. Pada akhir 15 menit, enam mobil paling lambat drop out dan mengisi tempat 11 sampai 16 di grid.
Q3: Setelah lebih delapan menit istirahat, waktu di-reset dan sesi 10-menit akhir akan menampilkan baku tembak antara sisa 10 mobil untuk menentukan posisi pole dan urutan awal untuk 10 tempat kotak. Sekali lagi, mobil ini dapat berjalan sebanyak putaran yang mereka inginkan.
Jika driver menghambat pengemudi lain saat kualifikasi, kali nya dapat dibatalkan atau ia mungkin akan diberi kotak penalti. Tunjangan 'force majeure' berkaitan dengan ketika sebuah mobil berhenti di trek saat kualifikasi telah dihapus dari peraturan. Untuk 2013 FIA akan menentukan berapa banyak bahan bakar mobil akan digunakan untuk kembali ke pit dan menambahkannya ke satu sampel minimum liter.

0 komentar:

Post a Comment