"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 25 May 2013

Bertahan 45 menit dalam ruangan paling sepi sedunia, sanggup?
Ketika dunia semakin bising, lebih banyak orang memilih untuk menyepi. Mencari tempat yang paling hening untuk berkontemplasi. Namun, ketika Anda sudah berada dalam ruangan yang paling sepi, sanggupkah Anda bertahan dalam keheningan tersebut?
Orfield Laboratories di South Minneapolis menciptakan 'anechonic chamber', sebuah ruangan yang diklaim sebagai tempat paling sepi di dunia. Dinding dan lantai ruangan yang telah memecahkan rekor dunia ini dirancang sedemikian rupa hingga bisa menyerap hampir 100 persen suara yang ada.
"Kami menantang semua orang untuk duduk di ruangan ini dalam keadaan gelap selama 45 menit," ungkap presiden perusahaan, Steven Orfield, seperti dilansir oleh Daily Mail (03/04/12).
Ketika lingkungan sekitar menjadi sangat sepi, telinga manusia akan mulai beradaptasi. Semakin sepi ruangan, maka semakin banyak suara yang didengar oleh manusia. Anda bisa mendengar suara detak jantung Anda sendiri, bunyi paru-paru Anda, atau bahkan suara perut Anda yang sedang mencerna makanan. Singkatnya, dalam ruangan ini Anda lah penghasil suaranya.
Tak mendengar suara sama sekali bisa membuat seseorang merasa frustasi, dan lama-lama bahkan berhalusinasi. Manusia menggunakan pendengaran mereka untuk menentukan arah, namun dalam ruangan ini, Anda tak bisa melakukannya.
Ruangan ini telah digunakan berbagai perusahaan untuk menguji kualitas suara produk mereka atau melihat seberapa keras suara yang dihasilkan oleh produk mereka, misalkan pada produk mesin cuci, motor, atau lainnya.
Ruangan paling sepi di dunia ini juga digunakan oleh NASA untuk menguji astronot mereka. Para astronot dimasukkan dalam tangki berisi air dalam ruangan. Kemudian ketahanan mereka diuji sekaligus kapan mereka mulai berhalusinasi. Orfield menjelaskan bahwa sebenarnya angkasa luar sama seperti ruangan anechonic ini. Sehingga sangat penting bagi para calon astronot untuk tetap fokus di angkasa luar.
Sejauh ini Orfield sendiri bisa menghabiskan waktu selama 30 menit saja dalam ruangan ini. Salah satu yang membuatnya terkaget-kaget adalah mendengarkan jantungnya berdetak sangat kencang dalam ruangan tersebut. Bagaimana, ingin mencoba bertahan selama 45 menit dalam ruangan ini

0 komentar:

Post a Comment