"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 19 May 2013

Anda mungkin pernah dibuat penasaran dengan sebuah foto yang kelihatan menarik atau kelihatan sangat bagus. Kemudian anda berfikir, wah nih fotografernya sangat professional dan memiliki jiwa seni tinggi. Atau mungkin anda pernah penasaran dengan foto-foto fulgar artis Indonesia, dan ingin tahu apakah asli atau rekayasa.

Berikut saya bahas cara mudah cek foto asli atau tidak. Namun sebelumnya, saya perlu jelaskan bahwa cara ini hanya untuk mengetahui bahwa foto tersebut masih asli atau sudah diedit menggunakan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop. 

Caranya sangat mudah, kita bisa melihatnya melalui system properties dari image atau foto tersebut. Berikut akan saya contohkan dari properties kedua foto di bawah ini.
Foto yang sudah diedit
Foto Belum di edit
Cara Cek System Properties Foto Pada Windows 7
1. Buka windows explorer
2. Klik kanan pada image atau foto yang akan dicek
3. Klik Properties
4. Klik Detail
5. Tarik scroll ke bawah sampai pada informasi camera (lihat gambar di bawah ini)
Nah lihat pada kedua system properties di atas. Foto yang masih asli (belum diedit) masih menampilkan informasi tentang merk camera serta informasi lainnya yang berkaitan dengan pengambilan gambar tersebut, sedangkan foto yang sudah diedit, informasi tersebut sudah tidak ditampilkan lagi.

Nah, mudah kan cara cek keaslian foto. Tapi ingat, foto yang diupload di internet mungkin saja asli, tapi untuk mengatur pencahayaan sudah dilakukan editing dengan menggunakan aplikasi editing foto, sehingga informasi tersebut sudah tidak ditampilkan lagi dalam system properties, padahal sebenarnya foto tersebut benar-banar asli (bukan adegan rekayasa).

Saran saya biar lebih akurat, langsung aja tanya kepada pemilik foto apakah foto tersebut asli atau tidak. hehehe....

0 komentar:

Post a Comment