"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 19 May 2013

Bagi teman2 sesama teknisi komputer tentunya tidak asing dengan perincah chkdsk bukan?, sejak dulu kita selalu menjalankan perintah ini untuk memperbaiki windows yang kadang masalahnya bukan di registry atau melalukan operasi file tertentu, kadang dengan perintah sederhana chkdsk ini, masalah instalasi windows bisa diatasi dengan mudah.
Windows telah dilengkapi utilitas untuk memindai harddisk, caranya cukup mudah yaitu dengan hanya mengklik kanan drive di explorer dan pada tab tools dan klik “Check now”. Cara lain ialah dengan menggunakan peringah chkdsk didalam jendela command prompt dimana perintah dapat diberikan secara lebih lengkap, tapi kebanyakan orang akan mati kutu jika berhadapan dengan jendela command prompt. Alangkah baiknya jika ada utilitas untuk memudahkan kita menjalankan perintah chkdsk ini, untungnya tersedia banyak program untuk ini, salah satu favorit dan sering saya gunakan adalah yang bernama CheckDiskGUI.
Program ini betul2 portabel dan gampang digunakan, pada waktu pertama kali dijalankan, sebuah file .ini akan dibuat didalam folder yang sama untuk menyimpan pengaturan. Daftar drive yang ada akan ditampilkan bersama informasi biasa seperti Label, ukuran dan File system. Juga ada pilihan kotak centangan yang berguna jika kita ingin memindai lebih dari satu drive atau partisi dalam satu sesi.
Opsi yang disediakan cukup mudah untuk dipahami, semua perintah seperti pada baris perintah chkdsk di command prompt. Tombol “Read Only” setara dengan perintah “CHKDSK”, dan perintah “Fix” sama dengan perintah “CHKDSK /F”, dan “Fix and Recover” yaitu perintah “CHKDSK /F /R”.
Hasilnya akan muncul pada jendela dibawahnya untuk drive yang kita pilih untuk di scan, untuk lebih detilnya arahkan ke “Options” dan pilih “Verbose Logging”.
Perlu diingat bahwa jika kita memilih drive yang dalam kondisi terkunci (sedang digunakan oleh system) seperti drive C:, sistem akan di reboot sebelum dapat diperbaiki. Jika kita berubah pikiran dan tidak ingin melakukan scan pada booting berikutnya, klik “Remove checkdisk at boot” dimenu “Options”. Semua hasil dari jendela log juga dapat dicetak atau disimpan ke file teks dengan menggunakan opsi ‘Save’ di menu ‘File’.
Kompatibel dengan XP, 2003, Vista, 2008 dan Windows 7
Download CheckDiskGUI

0 komentar:

Post a Comment