"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 18 May 2013

Kegiatan seni bantu pasien kanker atasi depresi
Berpartisipasi dan melakukan kegiatan seni seperti terapi musik, menari, menulis, atau melukis, diketahui bisa membantu pasien kanker untuk mengurangi rasa depresi, kecemasan, atau rasa sakit yang mereka derita ketika diagnosis dan perawatan kanker.
Melakukan berbagai kegiatan kreatif adalah salah satu cara untuk membantu pasien sembuh dan menghadapi penyakit mereka dengan lebih baik. Manfaat yang diberikan di luar segi fisik, ungkap TImothy Puetz dari US National Institutes of Health's Office of the Director, seperti dilansir oleh US News (13/05).
Dengan koleganya Puetz menganalisis 27 penelitian yang mengamati sekitar 1.500 pasien. Peneliti mencari tahu efek dari kegiatan seni pada masalah yang sering dialami oleh pasien kanker seperti kecemasan, depresi, rasa sakit, kelelahan, serta kualitas hidup pasien. Mereka menemukan bahwa melakukan kegiatan seni bisa memberikan efek positif pada hampir semua masalah, kecuali masalah kelelahan.
Meski efeknya tak begitu besar, namun pasien bisa merasakan efek positif dari melakukan kegiatan seni untuk diri mereka. Sejauh ini penelitian untuk melihat efek kegiatan seni terhadap perawatan pasien kanker masih diabaikan. Kebanyakan peneliti menaruh perhatian pada terapi seperti vitamin dan suplemen yang bersifat fisik.
Penelitian ini dilakukan pada pasien berbagai macam kanker pada usia 48 - 56 tahun. Mereka telah melakukan berbagai macam perawatan kanker seperti kemoterapi, radiasi, operasi, dan lainnya. Mereka kemudian diberikan beberapa kegiatan seni untuk dilakukan. Pada awalnya, kegiatan seni bisa membantu para pasien mengatasi depresi dan kecemasan mereka. Namun dalam jangka waktu tertentu efek ini mulai menghilang.
Peneliti berasumsi bahwa melakukan kegiatan seni bisa membantu pasien dalam jangka waktu pendek, namun tidak bisa digunakan dalam jangan waktu panjang. Meski begitu Puetz menjelaskan bahwa hasil penelitian ini masih belum maksimal. Penelitian lanjutan dibutuhkan untuk mengetahui dengan jelas efek dari kegiatan seni untuk pasien kanker.
Namun sementara ini tampaknya pasien kanker bisa mulai melakukan berbagai kegiatan seni untuk membantu mereka menghadapi masalah psikis saat perawatan kanker. Meski hanya bisa membantu dalam waktu singkat, setidaknya terapi seni ini tidak menimbulkan efek negatif.

0 komentar:

Post a Comment