"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Friday, 24 May 2013

SABUK PENGAMAN

Itu tentu pilihan pertama untuk membuat posisi yang aman untuk pengemudi.,Saat melaju pembalap harus melekat atau terikat ke jok demi mempertinggi tingkat keselamatan. Oleh karena itu jok balap wajib dilengkapi dengan sabuk pengaman berjenis lima atau enam titik. sabuk pengaman  ini akan memelar sesuai gaya berat yang dialami pembalap. Demi keselamatan pula sabuk pengaman harus diganti secara berkala. Tak jarang pembalap mengganti sabuk pengamannya hingga 20 kali dalam setahun.

 HELM



Helm adalah peranti keselamatan yang utama. Karena tugasnya melindungi bagian tubuh pembalap yang paling vital, helm harus kokoh dan kuat. Helm milik pembalap F1 harus mampu menahan panas hingga 800°C selama 45 detik dan visor (kaca)-nya mampu menahan peluru mimis dari senapan angin yang ditembakkan dalam kecepatan 500 km/j. Meski demikian berat helm tak lebih
dari 1,5 kg -umumnya 1,3 kg.

Bagian luar helm terbuat dari bahan yang kuat yang disebut FRP. Lapisan dalamnya terdapat lapisan lembut yang terbuat dari polystyrene. Di dekat mulut pembalap terdapat mikropon yang dilengkapi speaker di dekat telinga. Kedua alat ini sudah terpasang di helm senagai alat komunikasi antara pembalap dengan pit.

Helm juga dilengkapi dengan lubang kecil untuk ventilasi dan selang air minum.
Kaca helm memiliki beberapa lapisan film (biasanya 8 lapis) yang mudah dilepas jika helm terkena kotoran.

BAJU BALAP



Pembalap mengenakan dua lapis pakaian yang tahan api. Lapisan pertama terbuat dari bahan lembut dan menyerap keringat (bahannya sama dengan balaclava). Lapisan kedua lebih tebal dibanding lapisan pertama. Lapisan kedua -yang banyak ditempeli logo sponsor- yang sering disebut overall ini adalah campuran dari bahan dari Nomex dan Kevlar.



KAUS KAKI
Terbuat dari bahan buatan Nomex yang tahan api.


SARUNG TANGAN
Terbuat dari bahan buatan Nomex yang tahan api

SEPATU BALAP
Sepatu yang dipakai pembalap memiliki sol yang lentur. Hal itu membantu pembalap mempunyai feeling terhadap gas dan rem. Sepatu balap ini juga harus tahan api.

 BALACLAVA




Balaclava adalah pelindung kepala sebelum pembalap mengenakan helm. Bahan 'pembungkus' kepala ini terbuat dari bahan tahan api keluaran Nomex.

HANS (Head and Neck Support System)
Ini adalah peranti keselamatan yang baru wajib dipakai para pembalap F1 sejak musim 2003. Pada dasar nya kerja peranti ini adalah menyangga kepala pembalap bila mengalami benturan atau terkena gaya gravitasi. HANS diletakkan di pundak pembalap lalu dikaitkan ke helm. Berat peranti ini tak lebih dari 2 kg dan harus mampu menahan gaya gravitasi hingga 100g.


0 komentar:

Post a Comment