"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 30 May 2013

Putih telur ampuh turunkan tekanan darah tinggi
Satu lagi alasan untuk makan telur saat sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa komponen dalam putih telur sama baiknya dengan Captopril, obat untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, zat tersebut juga bisa menekan produkti ACE, yang berkaitan dengan meningkatnya tekanan darah.
"Penelitian yang kami lakukan menunjukkan bahwa putih telur sagat bermanfaat untuk dimakan," ungkap Dr Zhipeng Yu, ketua peneliti di Ilin University, China.
Penelitian tersebut membuktikan bahwa putih telur mengandung peptida, salah satu bentuk protein yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Dr Yu dan koleganya berhasil menemukan peptida bernama RVPSL.
Eksperimen yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa RVPSL tak memiliki efek beracun atau efek buruk lain selain menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian ini akan dipresentasikan di Natinal Meeting & Expotition of the American Chemical Society (ACS) di New orleans.
"Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya. Hasil ini cukup meyakinkan untuk dibawa ke tingkat selanjutnya, yaitu melihat efek pada kesehatan manusia," ungkap Dr Yu, seperti dilansir oleh NY Daily News (09/04).
Pada tahun 2009 lalu, peneliti dari University of Alberta di Kanada menemukan bahwa telur memproduksi protein yang bisa menurunkan tekanan darah. Mereka juga menemukan bahwa telur bisa menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi produksi ACE.
Penelitian bulan lalu yang dilakukan oleh University of Missouri menunjukkan bahwa sarapan kaya protein, termasuk mengandung telur, juga bisa memperbaiki nafsu makan dan mencegah kebiasaan ngemil yang tidak sehat di sore dan malam hari.

0 komentar:

Post a Comment