"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 18 June 2013

Istana dirancang untuk memberi kesan keagungan bagi pemiliknya. Di beberapa belahan dunia, kita bahkan sering menjumpai beragam bentuk dan arsitektur bangunan istana yang melambangkan kebesaran suatu kerajanan. Situs sejarah semacam ini tentu harus tetap dilestarikan agar bisa terus dinikmati oleh generasi kita selanjutnya. Nah, berikut adalah sepuluh istana paling menakjubkan dari berbagai negara di dunia.


1. Kraton 

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Kraton atau Keraton dalam bahasa Jawa berarti istana kerajaan. Kraton sendiri berasal dari ka-ratu-an yang berarti tempat tinggal ratu. Ratu adalah gelar kehormatan yang merujuk pada penguasa (raja atau ratu). Di Jawa, istana pangeran disebut puro atau dalem. Kraton yang berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan meliputi:

Wilayah Yogyakarta

- Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Istana Hamengku Buwono I sampai dengan X)
- Puro Pakualaman (Istana Pakualam)

Wilayah Surakarta (Solo)

- Kraton Surakarta Hadiningrat (Istana Dinasti Pakubuwono)
- Puro Mangkunegaran

Daerah Cirebon

- Kraton Kasepuhan
- Kraton Kanoman
- Kraton Kacirebonan
- Kraton Keprabonan

2. Domus Aurea

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Domus Aurea atau dalam bahasa Inggris berarti Golden House, merupakan milik kaisar Romawi, Nero. Ini adalah salah satu rumah pribadi terbesar yang pernah dibangun di dunia. Domus Aurea memiliki luas area tidak kurang dari 100 hektar. Di sini, Anda bisa menemukan lukisan dinding yang megah dan langit-langit ruangan yang berputar. Istana ini dulunya dibangun di jantung kota Roma kuno, setelah kebakaran besar yang melanda kota tersebut pada 64 Masehi.


3. Alhambra

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Alhambra adalah sebuah istana dan kompleks benteng yang terletak di Granada, Andalusia, Spanyol. Ini pada awalnya dibangun sebagai benteng di tahun 889 dan kemudian diubah menjadi sebuah istana tahun 1333 oleh Yusuf I, Sultan Granada. Istana Islam itu dibangun untuk para amir Muslim terakhir di Spanyol dan pengadilan atas dinasti Banu. Setelah dibiarkan tidak terawat terselama berabad-abad, Alhambra kembali ditemukan pada abad ke-19 oleh para sarjana Eropa dan wisatawan, dan restorasi pun lalu dilakukan. Alhambra kini telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.


4. Winter Palace

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Istana ini berdiri kokoh di Saint Petersburg, Rusia. Pada tahun 1732-1917, Winter Palace sempat dijadikan kediaman resmi penguasa Rusia. Winter Palace dibangun pada skala monumental yang dimaksudkan untuk mencerminkan kekuatan dan kekuasaan dari Kekaisaran Rusia. Istana megah ini dirancang oleh banyak arsitek, terutama Bartolomeo Rastrelli, sehingga kemudian disebut sebagai gaya Baroque Elizabeth.

5. Blenheim

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Blenheim adalah istana monumental yang terletak di Woodstock, Oxfordshire, Inggris. Istana yang menjadi salah satu rumah terbesar di Inggris ini dibangun antara tahun 1705 dan sekitar tahun 1724. Blenheim Palace pun kemudian ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. Pembangunan istana ini awalnya ditujukan sebagai hadiah untuk John Churchill, Duke of Marlborough pertama sebagai imbalan kemenangan militer melawan Perancis dan Bavaria pada pertempuran Blenheim.


6. Potala

 10 Istana paling menakjubkan di dunia

Istana Potala terletak di Lhasa, Tibet. Potala adalah kediaman kepala Dalai Lama hingga akhirnya Dalai Lama ke-14 melarikan diri ke Dharamsala, India, selama pemberontakan Tibet tahun 1959. Lozang Gyatso, Dalai Lama Agung, memulai pembangunan Istana Potala pada tahun 1645 setelah salah satu penasihat spiritualnya, Konchog Chophel meninggal tahun 1646. Bangunan berukuran 400 meter dari timur-barat dan 350 meter dari utara-selatan, ini memiliki lebih dari 1.000 kamar, 10.000 kuil dan sekitar 200.000 patung

7. Istana Schönbrunn

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Istana Schnbrunn adalah bekas istana kekaisaran yang terletak di Wina, Austria. Ini merupakan salah satu monumen budaya paling penting di negeri ini. Sejak tahun 1960-an, Istana Schnbrunn telah menjadi salah satu atraksi wisata utama di Wina. 


8. Forbidden City atau Kota Terlarang

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Kota Terlarang adalah istana kekaisaran China dari Dinasti Ming hingga akhir Dinasti Qing. Istana ini terletak di pusat kota Beijing, China, dan sekarang menjadi Museum Istana. Selama hampir 500 tahun, Kota Terlarang telah menjadi rumah bagi kaisar serta pusat seremonial dan politik pemerintah China. Dibangun pada tahun 1406-1420, kompleks istana ini terdiri dari 980 bangunan dan mencakup luas 720.000 meter persegi. Kompleks istana mencontohkan arsitektur megah tradisional China, dan telah mempengaruhi perkembangan budaya dan arsitektur di Asia Timur dan di tempat lainnya.


9. Versailles

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Istana Versailles atau biasa disebut Versailles, adalah istana kerajaan di Versailles di region Ile-de-France, Perancis. Ketika istana ini dibangun, Versailles adalah sebuah desa di pinggiran Paris, sekitar 20 kilometer sebelah barat daya dari ibukota Perancis. Pengadilan Versailles adalah pusat kekuasaan politik di Perancis dari tahun 1682, ketika Louis XIV pindah dari Paris, hingga seluruh keluarga kerajaan terpaksa kembali ke ibukota pada bulan Oktober 1789 setelah awal Revolusi Prancis. Oleh karena itu, Versailles tidak hanya dikenal sebagai sebuah bangunan, tetapi sebagai simbol dari sistem monarki absolut dari Rezim Ancien.


10. Istana Buckingham 

10 Istana paling menakjubkan di dunia

Istana Buckingham adalah tempat tinggal utama dari kerajaan Inggris. Terletak di Westminster, istana ini kerap digunakan untuk melangsungkan acara-acara kenegaraan dan perhotelan kerajaan. Awalnya dikenal sebagai Buckingham House, gedung yang membentuk inti dari istana ini adalah sebuah townhouse besar yang dibangun untuk Duke of Buckingham pada tahun 1705 dan situs ini telah menjadi kepemilikan pribadi selama setidaknya 150 tahun. Istana tersebut kemudian diakuisisi oleh George III pada tahun 1761 sebagai tempat tinggal pribadi untuk Ratu Charlotte, dan dikenal sebagai The Queen House.

Inilah sepuluh istana termegah dari berbagai belahan dunia. Istana menjadi simbol keagungan dan kebesaran sebuah kerajaan yang hingga saat ini beberapa dari istana di atas masih dijadikan tempat tinggal keluarga raja.



0 komentar:

Post a Comment