"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 18 June 2013

5 Jalan tol terpanjang di atas laut
Bulan depan, Jasa Marga akan melakukan uji kelaikan jalan tol di atas laut Bali. Jalan tol sepanjang 12,7 kilometer yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini disebut-sebut sebagai jalan tol yang canggih karena dibangun di atas laut hanya dalam waktu singkat.
Jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa merupakan proyek yang disebut-sebut laik mendapat apresiasi lantaran merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut dengan panjang sekitar 12,7 km, di mana 10 km berada di atas laut.
Desain dan konstruksi jalan tol ini sepenuhnya dikerjakan anak bangsa dan dapat diselesaikan hanya dalam kurun waktu 14 bulan. Proyek ini dikerjakan oleh 3 kontraktor Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Waskita Karya, Hutama Karya, dan Adhi karya.
Selain jalan tol Nusa Dua Bali, infrastruktur jalan yang membelah lautan di Indonesia lainnya ialah Jembatan Suramadu dan Jembatan Merah Putih. Jembatan Merah Putih berlokasi di Ambon yang saat ini tengah dalam proses pengerjaan dan ditargetkan selesai tahun depan.
Indonesia juga memiliki rencana membangun Jembatan Selat Sunda (JSS) yang digadang-gadang menjadi salah satu mega proyek di Tanah Air. Ground breaking proyek ini direncanakan akan dilakukan tahun depan.
Kendati demikian, bukan hanya Indonesia saja yang memiliki jalan tol di atas laut. Berikut merdeka.com mencoba merangkum beberapa infrastruktur jalan tol terpanjang yang dibangun di atas laut di dunia.

1. Jiaozhou Bay

5 Jalan tol terpanjang di atas laut

Jembatan Jiaozhou Bay mulai beroperasi pada 30 Juni 2011. Berlokasi di Qingdao, China Timur, Provinsi Shandong, Jiaozhou Bay merupakan jembatan lintas laut terpanjang di dunia dengan panjang 42 Km atau 26,4 mil.
Nilai investasi proyek ini disinyalir mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 12,8 triliun. Jembatan tol yang ditopang oleh lebih dari 5.000 tiang ini memakan waktu pengerjaan selama 4 tahun.
Jalan tol ini setiap harinya dilalui oleh 30.000 kendaraan dan butuh 30 menit untuk sebuah kendaraan bisa melintasi dari ujung ke ujung tol ini.


2. Lake Pontchartrain Causeway

5 Jalan tol terpanjang di atas laut

Lake Pontchartrain Causeway berlokasi di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat. Panjang jalan tol ini sekitar 38,4 Km.
Jembatan tol ini terdiri dari dua jalur yang menghubungkan dua buah kota besar di Amerika. Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville.
Pengerjaan jembatan Lake Pontchartrain Causeway selesai dan diresmikan pada tahun 1956.


3. Chesapeake Bay Bridge

5 Jalan tol terpanjang di atas laut

Jembatan tol yang berlokasi di teluk Chesepake di Maryland Amerika memiliki panjang 24,1 Km. Jembatan ini menghubungkan kawasan pedesaan pantai timur dengan perkotaan pantai barat.
Pertama kali, jembatan tol ini dibuka pada 1952 dengan panjang jalan hanya 6,9 Km. Jalan tol ini kemudian mengalami penambahan panjang pada 1973.
Tercatat setiap hari jembatan tol ini dilalui oleh sekitar 61.000 kendaraan. Masyarakat dikenakan biaya USD 4 untuk dapat melintasi jalan tol ini.


4. Jembatan Penang

5 Jalan tol terpanjang di atas laut

Jembatan tol Penang memiliki panjang sekitar 13,5 Km. Jembatan tol ini pertama kali dibuka pada 14 September 1985.
Jembatan ini menjadi salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan landmark Malaysia.
Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town. Pengguna jalan harus membayar tarif sekali jalan 5,6 Ringgit untuk melaluinya.
Pada 2004, jembatan tol ini dilakukan perluasan dari 4 lajur menjadi 6 jalur untuk melayani lalu lintas yang meningkat. Pada 2009 jembatan ini diresmikan.


5. Nusa Dua Bali

5 Jalan tol terpanjang di atas laut

Jembatan tol ini merupakan proyek yang disebut-sebut laik mendapat apresiasi lantaran merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut dengan panjang sekitar 12,7 km, di mana 10 km berada di atas laut. Selain itu dari segi waktu, pengerjaan jalan tol ini cukup singkat yakni hanya 14 bulan.
Nilai investasi jalan tol ini mencapai Rp 2,4 triliun. Dana tersebut menggunakan dana internal perusahaan dan sumber pembiayaan dalam negeri dengan komposisi 30 persen dana perusahaan dan 70 persen dari pinjaman sindikasi perbankan dalam negeri.
Jalan tol Nusa Dua Bali merupakan salah satu proyek infrastruktur yang dibangun dalam rangka menyambut pagelaran pertemuan APEC di Bali Oktober mendatang.



0 komentar:

Post a Comment