Breaking News
Loading...
Tuesday 18 June 2013

Info Post
Alam menyimpan berjuta misteri yang sulit diungkap. Dan terkadang, kita sebagai manusia dibuat terkagum-kagum akan fenomenanya. Salah satu fenomena alam yang populer di Australia terjadi di Hutt Lagoon.

Hutt Lagoon, sebagaimana dilansir amusingplanet, adalah danau air asin danau yang berada di dekat pantai, tepat di sebelah utara muara Sungai Hutt, di Australia Barat. Air dari danau ini bisa berubah warna menjadi merah muda atau merah pekat karena adanya dua jenis ganggang yang menghasilkan pigmen organik oranye kemerahan yang disebut Beta-carotene, yang kerap digunakan sebagai pigmen pewarna dalam makanan dan obat-obatan.

via Time
Hutt Lagoon adalah sistem peternakan ganggang terbesar di dunia yang didedikasikan untuk produksi pigmen tersebut. Memiliki panjang 14 km dan lebar 2 k, laguna ini dipisahkan dari Samudera Hindia oleh punggungan penghalang pantai dan sistem bukit pasir penghalang.

via Time
Hutt Lagoon sendiri diberi "makan" oleh air laut yang melalui punggungan penghalang, tetapi tingkat penguapan yang cukup tinggi mengakibatkan tingginya tingkat salinitas yang konstan sepanjang tahun. Selama musim panas, sekitar 95% dari permukaan danau menjadi hamparan garam kering.

via Time

0 komentar:

Post a Comment