"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 27 June 2013

Membuat jus sendiri di rumah sebenarnya tidak sulit. Justru hal ini lebih aman, karena Anda yang mengolahnya sendiri tanpa menggunakan bahan pengawet atau pemanis. Tapi sudah sehatkah jus yang Anda buat? Jangan sampai nutrisi dalam jus malah hilang akibat salah mengolahnya. Berikut cara mendapatkan jus sehat dilansir Third Age.

Keamanan pangan
Pastikan bahwa peralatan dan bahan yang akan digunakan sudah benar-benar bersih. Cuci buah untuk menghilangkan zat kontaminan yang menempel. Sementara itu peralatan yang tidak steril akan mendatangkan penyakit bagi Anda.

Peralatan yang mudah dicuci
Peralatan baik juicer atau blender harus mudah dibersihkan. Sisa jus yang tertinggal di blender karena kurang bersih saat dibersihkan akan mendatangkan banyak bakteri.

Buah perlu dikupas atau tidak?
Ada beberapa jenis sayur dan buah yang tidak perlu dikupas agar tidak mengurangi serat dan zat pektin yang ada di bagian kulitnya, seperti wortel dan sayur. Namun jika buah yang Anda gunakan tidak organik, sebaiknya dikupas atau dicuci dengan sabun khusus dan membilasnya dengan air.

Jangan tambahkan gula
Gula yang terlalu banyak dapat merusak nutrisi baik dalam jus. Gunakan seperlunya, bila kurang manis tambahkan madu.

Segera konsumsi
Jus yang baik dan sehat sebaiknya dibuat seketika dan langsung diminum. Jika disimpan dalam waktu yang lama akan mengurangi kandungan enzim dan fitonutrisinya. Artinya, Anda tidak mendapatkan manfaat optimal dari jus yang dibuat. Untuk mendapatkan penyerapan nutrisi yang baik, sebaiknya konsumsi saat perut kosong.

Jangan disaring
Sebaiknya jus jangan disaring, karena serat yang penting dapat terbuang pada jus sehat Anda.

Dapatkan jus sehat dan segar yang kaya manfaat agar tubuh makin bugar.

0 komentar:

Post a Comment