Breaking News
Loading...
Monday 10 June 2013

Info Post
Aplikasi android
Android adalah salah satu operasi sistem yang terkenal dan booming saat ini.  Banyak produsen handphone seperti Samsung menggunakan OS ini.  Kelebihan dari Android adalah aplikasi yang komplit dan tampilan game yang lebih baik dari OS lainnya.  Banyak pengguna ponsel mendownload dan memasang aplikasi apa saja di ponsel androidnya namun anda harus tetap waspada dan berhati-hati karena saat ini sudah marak adanya malware (Program Jahat).
Banyak aplikasi yang di dalamnya sudah ditanamkan malware, tujuan para cyber menanamkan malware tersebut adalah untuk emncuri data smartphone anda atau mengirim pesan ke nomor SMS Premium yang menyedot pulsa anda.   Hal ini dapat terjadi karena maraknya aplikasi yang di tawarkan di lain situs market android.  Namun anda jangan khawatir karena kali ini smartlist101 akan berbagi sedikit tips cara mengenali aplikasi Android yang berbahaya.  Simak cara berikut:
1. Pasang Anti Virus
Walaupun banyak orang beranggapan cara ini tidak ampuh namun tidak salahnya anda coba.  Lengkapi ponsel anda dengan sistem keamanan, sekarang banyak pengembang anti virus yang menghasilkan produk gratis dan lumayan untuk mencegah yang namanya malware.
2. Cek Rating atau Reputasi Aplikasi
Saking cerdasnya para cyber, mereka dapat menginjeksi aplikasi yang asli dengan malware dan lalu di publikasikan lagi.  Sebelum anda download lebih baik anda liat ratingnya, semakin tinggi rating berarti aplikasi tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang.
3. Cek Review/ulasan di Internet
Sebelum anda install aplikasi lebih baik anda liat review aplikasi tersebut.  Lakukan review lebih dari 3 sumber dan lihat testimoni/komentar para pemakainya agar keabsahan aplikasi itu benar-benar asli dan tidak berbahaya.
4. Cek App Permission
Sebelum diinstal, aplikasi akan meminta hak akses (permission) ke hardware dan software perangkat Anda, seperti daftar kontak, lokasi, koneksi internet, dan sebagainya.
5.  Download dari situs yang terkenal dan terpercaya
Saat ini situs yang menyediakan aplikasi dan game Android yang legal adalah di Market Android dan Google Android Market, sebelum di download liat review dan komentar dari aplikasi.

Demikian tips cara mengenali aplikasi Android yang berbahaya, semoga bermanfaat bagi anda

Referensi: ictwatch.com

0 komentar:

Post a Comment