"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 23 June 2013

Sungai adalah kekayaan alam yang sangat berguna bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya di semua bagian dunia sejak zaman prasejarah. Sungai menyediakan sumber air minum, untuk mendapatkan makanan, untuk membasahi tanah dan bahkan sebagai penguhubung satu tempat dengan tempat lainnya dan dijadikan jalur transportasi air untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain. 
Sungai-sungai dalam bahasa inggris "Rivers" juga menyediakan habitat penting bagi satwa liar. Mereka memainkan peran penting dalam ekologi hutan hujan dan lahan basah. Begitu banyak sungai dan terdapat beberapa sungai yang paling berpengaruh bagi kehidupan manusia di dunia.

Inilah 10 Sungai Paling Penting Keberadaannya di Seluruh Dunia:

#10. Sungai Sepik
Sungai Sepik adalah sungai terpanjang di pulau New Guinea. Sungai ini berasal dari Victor Emanuel dataran tinggi tengah Papua Nugini. Tidak seperti kebanyakan sungai besar lainnya, Sepik tidak memiliki delta apa pun, tapi mengalir langsung ke laut.  

Total panjang sungai ini adalah 1.126 kilometer (700 mil). Tidak ada pemukiman dalam ukuran besar di sepanjang Sungai Sepik. Isolasi kelompok suku kecil sungai telah menimbulkan salah satu tradisi artistik yang paling asli dan luas. Ini adalah salah satu sungai terakhir dari lingkungan terganggu yang tersisa di dunia.

#9. Sungai Mississipi

sungai mississipi

Terbentang hingga sepanjang 2.320 mil (3.730 km), Sungai Mississippi adalah sistem sungai terbesar di Amerika Serikat dan Amerika Utara. Sungai ini berasal di Danau Itasca, dan bermuara di bawah New Orleans di Teluk Meksiko. Sebagai sungai utama dengan Sungai Missouri, sungai ini mengalir kesemua bagian dari 31 negara bagian AS.

Sungai Mississipi pun telah menjadi jalur transportasi para kapal uap yang terkenal memasuki perdagangan 1820-an. Katun, kayu dan makanan diangkut ke sungai sampai tahun 1920. Beberapa kapal uap, seperti Delta Queen, menjadi salah satu ikon penting dalam sejarah Sungai Mississipi.

#8. Sungai Volga

 sungai volga

Volga adalah sungai terpanjang di Eropa dan salah satu sungai paling penting di Rusia. Dari 20 kota terbesar Rusia, 11 termasuk ibukota Moskow, yang terletak di daerah aliran sungai Volga tersebut.

Sunga ini berasal dari ketinggian 225 meter (740 kaki) di Valday Hills barat laut dari Moskow dan dengan debit air 3.645 km lebih (2.266 mil) mengalir ke Laut Kaspia. Volga sangat penting untuk daerah pedalaman, pengiriman dan transportasi di Rusia meskipun sungai ini membeku untuk sebagian besar panjangnya selama tiga bulan setiap tahun.

#7.  Sungai Zambezi

sungai zambezi

Sungai Zambezi terbentang sepanjang 3.540 km atau (2.200 mil merupakan sungai terpanjang keempat di Afrika. Sungai bermula di lahan basah hitam di Zambia utara-barat dan mengalir melalui Angola, sepanjang perbatasan Namibia, Botswana, Zambia, dan Zimbabwe, ke Mozambik, dan bermuara ke Samudera Hindia. Pemandangan Zambezi yang paling spektakuler adalah keindahan Victoria Falls.

Sungai ini mendukung populasi besar hewan. Kuda nil yang melimpah disepanjang sebagian besar sungai yang membentang tenang, dan juga beberapa buaya. Zambezi juga sebagai habitat beberapa ratus spesies ikan, termasuk spesies besar. Bahkan Hiu banteng misalnya telah ditemukan jauh di pedalaman. Ini adalah hiu agresif yang telah bertanggung jawab atas beberapa serangan terhadap manusia.

#6. Sungai Mekong

sungai mekong

Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia dengan panjang diperkirakan 4.350 km (2.703 mil). Dari Dataran Tinggi Tibet sungai ini mengalir melalui provinsi China Yunnan, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam

Sungai ini sulit untuk menjadi navigasi kendaraan karena variasi musim yang ekstrim dalam aliran dan adanya jeram dan air terjun. Mekong adalah salah satu daerah terkaya keanekaragaman hayati di dunia selain Amazon. Sejak pembangunan bendungan Cina banyak spesies telah menjadi terancam punah termasuk lumba-lumba Mekong dan manatee.

#5. Sungai Gangga

sungai gangga

Sungai dengan panjang 2.510 km (1.560 mil), Sungai Gangga berasal di Himalaya Barat di India, dan mengalir ke Sunderbans delta di Teluk Benggala. Sungai ini telah lama dianggap sebagai sungai suci oleh umat Hindu dan dipuja sebagai tempat Dewi Gangga dalam agama Hindu. Selain itu juga sungai gangga telah menjadi sejarah penting dengan banyaknya bekas bangunan ibukota provinsi atau kekaisaran telah terletak di tepi sungai.
 
Umat Hindu biasanya menyebar abu orang meninggal yang dicintai di sungai ini dan beberapa percaya bahwa hidup tidak lengkap tanpa mandi di Sungai Gangga setidaknya sekali. Karena Gangga adalah sebuah sungai yang penting maka telah dinyatakan Sungai Nasional India.

 #4. Sungai Danube

sungai danube

Danube adalah salah satu sungai paling penting di Eropa dan sungai terpanjang kedua di benua tersebut setelah Volga. Sungai ini jadi salah satu batas lama yang berdiri dari Kekaisaran Romawi dan hingg hari ini merupakan bagian dari perbatasan 10 negara Eropa.  

Sungai ini berasal di Black Forest di Jerman dan mengalir ke arah timur untuk jarak beberapa 2.850 km (1.771 mil), melewati 4 ibukota, sebelum bermuara ke Laut Hitam. Sejak selesainya Jerman Rhine-Main-Danube Canal pada tahun 1992, sungai telah menjadi bagian dari jalur transportasi air Eropa dari laut hitam ke semua jalan hingga Rotterdam di Laut Utara.

#3. Sungai Yangtze

sungai yangtze
  
Salah satu sungai paling penting di dunia yaitu Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di Cina, dan ketiga terpanjang di dunia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 6300 km panjang (3915 mil) dan berasal dari gletser yang terletak di bagian timur dataran tinggi Tibet. Melewati Pegunungan Yangtze, yang spektakuler dan terkenal karena keindahan alamnya, dan mengalir ke Laut Cina Timur. Salah satu bendungan di sungai, Three Gorges Dam, adalah yang terbesar sebagai stasiun listrik tenaga air di dunia.

Sungai ini jadi salah satu perairan tersibuk di dunia. Lalu Lintasnya meliputi lalu lintas pengangkutan barang massal komersial seperti batubara serta barang-barang manufaktur dan juga penumpang. Pesiar sungai hingga beberapa hari juga melalui pemandangan indah daerah Three Gorges tersebut.

#2. Sungai Nil
  
sungai nil

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia, membentang ke utara 6.650 km (4.132 mil) dari Afrika Timur ke Mediterania. Sungai Nil memiliki dua sungai utama, Sungai Nil Putih dan Sungai Nil Biru. Nil Putih bermula di wilayah Great Lakes di Afrika Tengah, sedangkan Nil Biru dimulai di Danau Tana di Ethiopia.

Sungai ini memberikan peran penting dalam perkembangan peradaban Mesir. Endapan lumpur dari Sungai Nil membuat tanah sekitarnya sangat subur karena sungai meluap setiap tahunnya dan Mesir mampu menumbuhkan gandum dan tanaman lainnya


#2. Sungai Amazon

sungai nil

Terbentang sekitar 6.400 km (4.000 mil) Sungai Amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia, hanya sedikit lebih pendek dari Sungai Nil meskipun sumber terpercaya tidak setuju dengan panjang yang tepat dari dua sungai. Namun yang pasti adalah bahwa Amazon adalah sungai terbesar di dunia dengan volume, jumlah aliran sungai yang menyumbang sekitar seperlima dari total dunia. Amazon dan anak sungainya mengalir melalui Peru, Bolivia, Venezuela, Kolombia, Ekuador, dan Brasil sebelum bermuara ke Samudera Atlantik.

Amazon telah lebih menjadi habitat dari 3.000 spesies ikan dan diakui spesies baru masih terus ditemukan. Anak Sungai Amazon yakni Sungai Orinoco, itu adalah salah satu habitat utama Lumba-lumba Sungai Amazon, spesies terbesar dari lumba-lumba sungai, yang dapat tumbuh panjang hingga 2,6 meter (8,5 kaki). Hiu banteng telah dilaporkan mencapai panjang 4.000 km (2.500 mil) dan menyusuri Sungai Amazon di Iquitos di Peru. Ikan lain yang berbahaya di Amazon adalah piranha terkenal yang berkumpul di pemukiman besar, meskipun hanya beberapa spesies yang diketahui menyerang manusia.

So guys, keren banget ke 10 sungai tersebut dengan segala manfaatnya bagi kehidupan manusida makhluk hidup disekitarnya. Sungai menjadi sumber air dunia, maka dari itu sudah selayaknya kita tidak mengotori sungai karena jika sudah kotor dan bertumpuk sampah maka yang terjadi banjir melanda.

0 komentar:

Post a Comment