"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 2 June 2013

Sarapan merupakan hal penting sebelum memulai aktivitas. Jika Anda melewatkan sarapan, maka daya konsentrasi Anda di sekolah atau kantor menjadi turun. Anda tidak bisa bekerja dan menyerap ilmu dengan maksimal.

Tak hanya di Indonesia saja, sarapan mempunyai peran sentral dalam kesehatan masyarakat dunia. Bahkan ada beberapa menu sarapan yang menjadi ciri khas negara tersebut. Simak delapan menu sarapan di seluruh dunia, dilansir Huffington Post (25/5).

1. Sarapan komplit, Turki

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Menu ini memiliki serat untuk jantung sehat. Kandungan antioksidan dan vitamin berasal dari mentimun segar dan irisan tomat, serta lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam zaitun. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol secara keseluruhan. Pada gilirannya, dapat mengurangi risiko penyakit jantung Anda. 

2. Hafragrautur dan Lýsi, Islandia

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Hafragrautur adalah bubur oat tradisional, dibuat dengan air atau susu dan. Permukaannya sering ditaburi buah dan kacang-kacangan. Oat memberikan dampak sehat dengan serat tidak larut dan telah terbukti untuk mencegah kolesterol, gula darah tinggi dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Sarapan lengkap, Jepang

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Berbagai macam menu seperti sup rendah kalori yakni miso, acar sayuran, rumput laut, tahu, salad dan ikan mentah merupakan santapan makan pagi di Jepang.

Bagaimana sarapan ini tidak bergizi? Adanya kandungan omega-3  dalam ikan dan rumput laut, serat dalam sayuran acar dan segar serta protein dalam ikan dan tahu merupakan nutrisi penting dalam tubuh. Hal ini menjadikan sarapan ala Jepang menyehatkan.


4. Nasi lemak, Malaysia

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Nasi dan ikan goreng menyediakan karbohidrat untuk energi dan protein untuk daya tahan tubuh. Dan rempah-rempah kuat dari sambal serta nasi lemak membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Yuk, jadikan nasi lemak sebagai menu sarapan sehari-hari.

5. Ful medames, Mesir

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Sajian ini terbuat dari campuran kacang fava, minyak zaitun, parsley, bawang bombay, bawang putih dan perasan jeruk lemon. Saus tersebut disajikan bersama dengan roti sayuran acar atau telur rebus. Ful Medames merupakan makanan yang kaya protein dan menu sarapan sehat yang baik.

6. Khichdi, Pakistan

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Lentil dan beras gandum yang dibumbui dan dimasak bersama-sama dan kemudian disajikan bersama acar, sayuran dan kadang-kadang yogurt untuk pembangkit tenaga listrik Menu ini kaya dengan protein vegetarian.

7. Syrniki, Rusia

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Pancake asal Rusia ini memiliki protein rendah lemak dasar yang diambil dari campuran keju. Meskipun mereka kadang-kadang digoreng, ada pula teknik mengolah tradisional dengan cara dipanggang. Memanggang membuat pancake ramah untuk Anda yang sedang diet. Pancake ini juga dikreasikan dengan topping buah segar yang kaya vitamin.

8. Kopi dan pepaya, Brasil

Menu sarapan sehat dari berbagai belahan dunia

Pepaya merupakan buah segar yang cukup mengenyangkan untuk sarapan di pagi hari. Pepaya memberikan dosis vitamin A dan C yang besar. Sementara menikmati secangkir kopi di pagi hari dapat menenangkan pikiran dan mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 dan parkinson.

Jangan pernah lewatkan sarapan agar tubuh sehat. Pilih menu sarapan yang bernutrisi agar Anda menjadi bugar dan bersemangat.






1 komentar:

  1. terimakasih gan artikel nya menarik banget buat yang baca

    ReplyDelete