"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Friday, 21 June 2013

Paus langka ini akhirnya muncul setelah 60 tahun 'menghilang'
Departemen perikanan dan kelautan Kanada melaporkan bahwa ahli biologi telah melihat kemunculan dari spesies paus langka dan terancam punah. Paus yang tidak pernah muncul selama 60 tahun ini akhirnya muncul kembali untuk pertama kalinya di perairan British Colombia.
Paus di perairan Pasifik utara pernah berjumlah sangat banyak sebelum akhirnya mereka diburu dan mendekati kepunahan sekitar sebelum abad 20an. Paus ini sekarang tercatat sebagai paus yang terancam punah di Kanada. Para ilmuwan meyakini hanya ada sejumlah kecil paus yang tersisa, dan kebanyakan berada di barat laut Pasifik.
Seperti yang dilansir oleh The Huffington Post (19/6), seorang ahli biologi bernama James Pilkington melihat kemunculan salah satu dari paus yang bernama Eubalaena Japonica ini di barat pulau Haida Gwaii pada tanggal 9 Juni pada saat sedang berlayar di kapal milik penjaga laut Kanada.


Kemudian, Pilkington bersama rekan sesama ahli biologi yang bernama John Ford dan Graeme Eliis mengobservasi paus ini selama 17 jam selama beberapa hari. Mereka selalu waspada jika suatu saat paus ini muncul di permukaan laut untuk berburu plankton.
Agensi federal mengatakan bahwa kemunculan dari paus ini sangat langka. Mengingat paus ini tercatat hanya muncul 6 kali di perairan Kanada selama beberapa abad terakhir.
"Ini adalah penemuan yang sangat menarik. Tim peneliti kami telah melakukan penelitian selama lebih dari 10 tahun di sepanjang 50.000 kilometer pesisir British Colombia dan melihat ribuan paus. Namun kali ini, kami melihat kemunculan paus dari utara Pasifik. Sangat membahagiakan rasanya dapat melihatnya secara langsung dan memastikan bahwa spesies paus ini masih ada di perairan Kanada.", ujar Ford.

0 komentar:

Post a Comment