"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 2 June 2013

Penderita anoreksia selalu berpikir dirinya gendut
Sebuah penelitian membuktikan bahwa penderita anoreksia selalu berpikir dirinya gendut. Sebab ketika memasuki sebuah pintu, penderita berusaha 'mengecilkan' badannya karena merasa tubuhnya tak muat.
Secara detail, bukannya menarik pundak layaknya wanita normal, penderita anoreksia berusaha masuk ke sebuah pintu dengan cara menyamping. Menurut peneliti, itu artinya wanita penderita anoreksia selalu berpikir bahwa dirinya gendut dan tak akan muat memasuki pintu yang lebarnya sedikit lebih kecil daripada lebar pundaknya.
Peneliti dari Belanda itu juga mengindikasikan bahwa anoreksia sudah tertanam dalam pada diri penderita. Makanya mereka berusaha untuk menurunkan berat badan secara ekstrem.
Dalam jangka panjang, pola hidup penderita anoreksia pun bisa memicu masalah bagi kesehatan. Mulai dari kerusakan organ sampai kematian.
Sebelumnya, memang ada penelitian yang membuktikan kalau penderita anoreksia diduga berpikir bahwa dirinya lebih gendut dari kenyataan yang sebenarnya. Namun ini adalah penelitian pertama yang memaparkan bahwa pemikiran tersebut begitu memengaruhi gerak dan keputusan penderita anoreksia tanpa sadar.
"Tubuh bergerak tanpa sadar karena adanya pemikiran negatif pada penderita anoreksia," tutur peneliti dari Utrecht University, seperti yang dikutip di Daily Mail.
Peneliti pun berharap bahwa hasil studi yang telah dilaporkan dalam jurnal PLoS ONE tersebut bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan para penderita anoreksia.

0 komentar:

Post a Comment