"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 5 June 2013

Sekarang saatnya Firefox OS unjuk gigi
Mozilla memang mengejutkan dunia industri telekomunikasi dengan merilis platform untuk perangkat pintarnya kemarin. Meski begitu, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti mereka selesaikan jika ingin serius di dunia ini.
Seperti yang dilansir oleh Forbes (25/2), kedatangan Firefox OS memang memberikan alternatif tambahan di tengah maraknya persaingan perangkat lunak untuk smartphone terbaik di antara iOS, Android, Windows Phone, hingga Blackberry. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, kedatangan Firefox OS ini juga sudah didukung penuh oleh 18 provider seluler kelas dunia.
Para analis pun menilai bahwa apresiasi yang dicapai oleh Firefox OS ini pun sangat bagus ketimbang Symbian dan Android di saat awal peluncurannya. "Baik Symbian maupun Android mampu mendekati pencapaian dukungan provider seluler seperti apa yang didapatkan oleh Forefox," kata Tony Cripps, analis dari Ovum.
Meski begitu, mampukah Firefox OS bersaing di dunia ini? "Setelah melihat demonstrasinya, kami menilai mereka masih memerlukan usaha untuk mencapai harapan pasar," lanjut Cripps.
Dari handset yang ditunjukkan kemarin, Mozilla sendiri sepertinya memang menyasar kelas entry level dan low cost smartphone. Hal ini nampak dari jajaran produsen yang mengonfirmasi akan menggunakan platform ini seperti LG Electronics, Alcatel One Touch, dan ZTE.
Memang pasar ini sangat jarang dibidik oleh para produsen smartphone sehingga kesempatannya pun sangat besar. Hanya saja, Mozilla tidak boleh melupakan Nokia (Windows Phone) dengan jajaran Asha Touch dan Samsung (Android) dengan jajaran Red yang juga melakukan penetrasi di wilayah ini.
Analis lain dari Forrester Research, Thomas Husson, pun sepakat dengan apa yang dikatakan Cripps. Menurut Husson, dukungan dari para provider seluler saja tidak cukup untuk Mozilla dalam bersaing dengan pemain besar layaknya iOS dan Android.

0 komentar:

Post a Comment