"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Monday, 10 June 2013


Hai droidindos,apa kabar? sudah lama blog ini istrirahat dari info-info terbaru, memang kebetulan saya pribadi mempunyai banyak kesibukan jadi tidak sempat meng update berita dan info-info untuk pembaca semua. Baiklah,untuk bahasan kali ini kami akan mencoba membahas sesuatu yang dasar atau awam dalam ilmu IT, tapi kami rasa tak semua orang yang tau atau belum tau tips berikut ini.


Kontak pada sebuah ponsel merupakan hal yang sangat berharga oleh kita, disana akan tersimpan banyak nomor penting, alamat, email dan hal-hal penting akan tersimpan disana. Pada jaman dahulu, sebelum adanya teknologi cloud computing (Komputasi awan),semua data tentang nomor telpon seeorang akan tersimpan disebuah memory telpon atau disebuah sim card. Jika kita mengganti Ponsel baru atau sim card baru tentu kita akan menyiapkan backup data tersebut di simcard, sehingga nantinya bisa dibaca di ponsel baru tersebut,tapi bagaimana jika simcard kita tersebut hilang atau rusak? tentu data-data penting akan hilang dong?

Pada saat ini teknologi cloud computing sudah merambah ke banyak hal,termasuk ke ponsel-ponsel (Menjadi smartphone), sehingga data-data penting akan tetap terjaga dan komunikasi akan lebih cepat dan mudah untuk dilakukan dimana saja,tanpa banyak rintangan yang melanda, hal ini termasuk dengan data-data di kontak. kita dapat menyimpan data dengan aman tanpa takut akan kehilangan atau kerusakan pada ponsel sebab data tersebut tersimpan pada sebuah server sehingga kita dapat mengakses dimana saja. untuk mengetahui caranya,simak pembahasan berikut :

Pastikan Kontak di smartphone di android kita sudah tersingkronisasi dengan google, jika belum lakukan hal berikut :

  • Masuk ke Setting (pengaturan) --> account and sync ---> sehingga muncul seperti gambar dibawah ini :

  • Tekan Add Account dan pilih Google, masukkan username dan password google kita,(ingat, email ini harus email default kita yang sinkron dengan kontak). Lanjutkan dengan next dan Next. dan nantinya akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

  • Centang Sync Contacts, dan atur juga sync intervalnya, umpama  1 Jam, ingat semakin pendek waktu sync nya maka akan semakin sering updatenya dan akan semakin boros juga batre smartphone kita ^_^
  • Selesai, ingat supaya kontak bisa terhubung atau berbagi di smartphone lain tentu android kita harus terhubung dengan internet untuk petama kalinya,setelah itu tergantung kebutuhan.

IOS (Iphone)

Untuk bisa terhubung di Iphone kita, atau supaya kontak bisa sinkronisasi ke iphone maka lakukan cara berikut :
  • Iphone --> Masuk ke Setting ---> Mail,Contacts,Calendars --> Maka akan berjumpa dengan menu baru. ada beberapa pilihan seperti : Icloud,Microsoft exchange,Gmail,Yahoo,Aol,Microsoft hotmail. dan Pilih Microsoft exchange. (Jika menu / tampilan ini tak ketemu maka tekan add account).
  • Jika selesai maka akan keluar menu / tampilan Account. disana ada beberapa data yang harus kita isi, cocokkan seperti dibawah ini :
Email    : (email kita yang sudah di singkronisasikan dari android sebelumnya)
server   : m.google.com
Domain : m.google.com
username : (Login account google kita)
Password : (isi dengan passoword account google kita yang di sinkronkan sebelumnya. dan pastikan use SSL dalam keadaan ON.
  • Finish, dan silahkan bukan kontak iphone anda maka kontak akan tersingkron secara otomatis. (ingat paket data/ jaringan internet harus aktif).

BlackBerry (BB OS)

  • Ambil BB, dan pastikan Kita berada di paket Full Unlimitied BIS, untuk OS 10 paket seperti ini tidak akan berlaku lagi maka cukup dengan paket internet seperti android atau iphone. atau bisa juga dengan Jaringan WIFI.
  • Buka app world, dan download Google synch, setelah selesai reboot (restart) BB tersebut, setelah itu akan muncul icon Google (G warna biru).
  • Klik aplikasi tersebut, dan login dengan account Gmail kita yg akan di singkronkan tersebut, dan tunggu hingga terkoneksi ke server google.,dan secara otomatis singkronisasi akan dilakukan. dan jika berhasil maka akan muncul tulisan last succesful synch.
  • Finish.

0 komentar:

Post a Comment