"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 26 June 2013

Kini semakin banyak saja yang menggunakan komputer untuk segala bidang jenis pekerjaan mulai dari toko, perbankan, perkantoran, pabrik, dan sebagainya. Komputer tidak lagi menjadi barang mewah sudah menjadi kebutuhan hidup bagi keseluruhan orang.
Kegiatan menggunakan secara terus menerus tanpa ada perawatan dan perbaikan secara intensif menyebabkan komputer rentan rusak. Terlebih lagi jika sering aktifitas menggunakan internet akan sering berurusan dengan kejahatan cyber tanpa anda sadari. Jadi, computer yang sering digunakan harus aman dan bersih dari virus dan software yang mematai kegiatan anda.
Berikut akan dijelaskan beberapa langkah mudah, hemat dan cepat yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi reparasi computer.
  • Back up, pastikan dan selalu anda memback up file-file data penting anda dan simpan secara terpisah secara aman dari computer anda.
  • Update/ upgrade, lakukan sesering mungkin untuk memperbarui Sistem Operasi computer seperti Windows, web browser (Mozilla, Opera, Chrome, dll), dan perangkat lunak lainy mesti sering- sering diupdate. Untuk windows www.windowsupdate.microsist.com sudah disertakan wizard untuk memudahkan langkah upgrade. Sedangkan untuk office sudah tersedia di www.officeupdate.microsoft.com 
  • Install firewall, anda yang aktifitas tinggi menggunakan internet wajib pasang software untuk mengantisipasi kejahatan cyber dan penyusup. Tanpa firewall yang bagus, Virus, Worm, Trojan, Malware dan Adware semua dapat dengan mudah mengakses computer anda dari internet.
  • Update berkala browser internet dan setting email agar tidak mudah disusupi dengan SPAM dan worm virus, sebab script document Active-X dan javascript sering digunakan oleh hacker untuk menamam program jahat ke computer anda. Sedangkan cookies relative tidak membayahakan keamanan computer, cookies hanya berfungsi sebagai pelacaka aktifitas saja website mana saja yang pernah dikunjungi, profil, waktu, dan hal lain yang tidak membahayakan.
  • Anti Virus, segera install antivirus yang handal untuk menumpas virus local jahat dan lakukan update secara otomatis sehingga anti virus dalam keadaam versi terbaru.
  • Jangan membuka lampiran email tidak dikenal. Pastikan terlebih dahulu bahwa email tersebut tela bersih dari virus, sebaiknya gunakan email dari layanan Gmail, Yahoo, Microsoft yang terlebih dahulu scanning email yang masuk kepada pembaca. Karena sebagian besar virus- virus jahat disebarkan melalui email oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
  • Jangan install Software wares, crack, dan software yang tidak diketahui sumbernya bisa jadi telah disusupi program jahat yang memata- matai kegiatan kompter anda. Atau bisa jadi anda tanpa sengaja mengirimi teman denga program dan kata-kata yang lucu, yang mungkin ketika proses pengiriman sudah terjangkiti oleh Trojan Horse untuk menginfeksi computer selanjutnya.
    Jangan install software bajakan
  • Nonaktifkan ekstensi nama file yang tersembunyi. Secara default system operasi Windows diatur untuk untuk “menyembunyikan file ekstensi” yang tidak dikenal. Tujuan ini dimaksudkan file ekstensi yang tidak dikenal tersebut bagian dari system operasi. Untuk melihat semua file yang dicurigai sebagai virus cukup aktifkan saja yang tersembunyi menjadi Nampak, caranya:
Untuk Windows XP
- Buka EXPLORER
- Klik menu Tools
- Option >> Views
- Kemudian cari pada Folder hidden files and folders
- Klik Shows hiden files, folder, and drives
- Jika ingin mengetahui jenis ekstentionnya
- Hilangkan centang Hide extentions for known file types
- Untuk Windows 7
- Buka EXPLORER
- Klik di pojok kiri Orgenize >> Folders and search Options
- Klik tab Views
  • Segera putuskan jaringan internet jika tidak dibutuhkan untuk koneksi jaringan computer, khawatir jika seorang hacker yang ingin mencuri data rahasia anda semakin leluasa, jika jaringan terputus mereka tidak akan bisa menyerang computer.
  • Pertimbangkan untuk membuat boot disk pada media lain untuk mengantisipasi system operasi premier anda rusak atau diserang oleh program jahat. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi dengan pekerjaan dan data yang hilang atau rusak.
Dengan beragam cara yang sudah disampaikan di atas, anda tidak perlu lagi memanggil teknisi komputer hanya untuk sekedar merawat system. Dengan begitu, anda bisa lebioh hemat, baik itu tenaga, waktu maupun biaya yang harus dikeluarkan untuk menjaga dan merawat komputer yang anda miliki.

0 komentar:

Post a Comment