"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 20 July 2013

Mengenai tips trik komputer cara mendinginkan komputer bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah. Namun setidaknya Anda juga harus melakukan antisipasi, seperti mengatur ruangan, memperhatikan penggunaan komputer, serta menambahkan komponen pendingin lain. Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa tips mendinginkan komputer dibawah ini selengkapnya:
Lakukan penempatan kompuuter yang baik
tips trik komputer yang pertama, Bagi Anda pengguna komputer jinjing tidak perlu khawatir karena jika ruangan mulai tidak bersahabat bisa pindah lokasi. Namun bagi pengguna komputer CPU Anda memang benar-benar harus memperhatikan penempatan komputer. Usahakan bagian CPU komputer jangan ditempatkan pada tempatnya terkena sinar matahari langsung, terutama di dekat jendela. Namun tidak masalah jika jendela Anda tidak dimasuki sinar langsung. Komputer maupun notebook sangat mudah menyerap panas dari ruangan maupun luar ruangan, bahkan pada keadaan off sekalipun.
Gunakan casing yang baik
Dalam hal ini Anda harus benar-benar menggunakan casing untuk CPU yang mendukung sirkulasi udara baik. Jangan gunakan casing tanpa lubang ventilasi dan jangan meletakan pada tempat tertutup karena nantinya membuat komputer tidak bisa membuang panas sehingga panas menumpuk didalam.
Jika ada gunakan Cooling pad
Perangkat ini khususnya digunakan pada komputer jinjing. Cooling pad memang cukup laris digunakan meskipun sebenarnya hanya menurunkan temperatur CPU 1-5o C saja. Namun itu lebih baik dari pada tidak sama sekali.
Rutin dalam mengganti Thermalpaste
Usahakan Anda untuk tidak lupa mengganti thermalpaste. Thermalpaste sebenarnya memang tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, akan tetapi setidaknya dapat membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih baik. Hanya saja, apabila Anda mengganti thermalpaste namun heatsink berdebu atau kipas tidak berjalan normal, maka itu tidak berefek sama sekali.lebih baik gunakan thermalpaste yang juga digunakan untuk CPU.
Ganti kabel drive lebar
Jika Anda belum puas dengan berbagai cara diatas, cara ini mungkin bisa membantu. Kabel drive yang ukurannya lebar ternyata berpotensi dapat mengurangi sirkulasi udara. Pada beberapa bagian dalam PC ,kabel-kabel lebar bisa di ganti. Yang paling umum adalah dua kabel IDE penghubung motherboard dengan hard disk serta CD drive. Kabel konektor tersebut bisa digantikan dengan sebuah kabel bundar.
Menambah Fan atau kipas pembuang udara
Selanjutnya Anda bisa membeli tambahan fan atau yang dapat menyedot udara panas dari dalam casing komputer untuk keluar. Fan jenis pembuang ini cukup murah, dan banyak terdapat beberapa toko elektronik, harganya sekitar 10-20 ribu. Anda bisa meletakkan posisi kipas secara terbalik agar menyedot udara keluar.
Bersihkan sistem pendingin bawaan dari debu
Perlu Anda ketahui bahwa heatsink dan kipas dalam CPU dapat bekerja secara maksimal jika dalam keadaan bersih. Untuk itulah Anda harus rajin-rajin dalam membersihkan kipasnya secara rutin dan jangan pernah lalai. Langkah-langkahnya  bisa dilakukan dengan cara mencabut kabel listrik komputer, lalu buka casing. Yang perlu diperhatikan, biasanya kipas terletak di prosesor dan ada satu lagi di trafo listrik. Namun pada beberapa PC juga memiliki kipas yang terletak di casing maupun pada graphics card. Nah, cara membersihkannya,  dapat menggunakan sebuah kuas maupun pinset kecil. Lakukan pembersihan debu yang ada diatas serta bagian bawah kipas.
Melakukan proses Undervolting
Mungkin Anda masih asing dengan Undervolting. Undervolting merupakan proses pengurangan voltase berlebih ke CPU, namun caranya dengan menggunakan perangkat lunak. Sebenarnya Undervolting tidak bisa mempengaruhi performance sama sekali karena yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock. Proses Undervolting ini bermetode menyetel ke voltase stabil namun yang paling rendah. Sayangnya, proses undervolting cukup memang memakan waktu, karena harus mencari voltase stabil terendah untuk masing-masing multiplier di CPU.
Lepas casing
Beberapa kali sering terlihat ada orang yang menggunakan komputer tanpa casing. Memang itu sangat membantu pendinginan, namun ada banyak resikonya. Jadi lakukan cara ini jika sangat diperlukan saja.
Lakukan istirahat jika penggunaan sudah sangat lama
Hal ini terutama pada para gamer yang sering memainkan game 3D berat. Dengan ini Anda bisa mendapatkan keawetan kinerja sistem PC dan juga baik untuk tubuh Anda agar beristirahat.

0 komentar:

Post a Comment