"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 20 July 2013

Rasanya di jaman sekarang ini sudah banyak perangkat komputer atau laptop yang mempunyai performa tinggi. Akan tetapi kadang kita masih membutuhkan kemampuan yang lebih dari apa yang sudah ada pada perangkat kita. Jadi tidak heran jika masih banyak yang mencari tips dan trik komputer untuk diterapkan pada perangkat mereka. Salah satu yang banyak di cari adalah cara meningkatkan performa penyimpanan data yang ada di Windows. Ada banyak cara jika ingin meningkatkan performa komputer Anda. Salah satunya dengan menggunakan fitur Disk write Caching yang ada secara otomatis disediakan oleh Windows.
Tentang Disk Write Caching
Mungkin ada yang belum mengetahui tentang apa itu Disk Write Caching. Disk Write Caching adalah sebuah fasilitas yang mampu memberikan operasi tambahan ke dalam sebuah fitur cache pada saat data dibuat.sistem ini nantinya akan membuat cache ketika file data akan disimpan ke dalam sebuah flash disk. Setelah pembuatan file selesai maka file itu akan dimasukkan kedalam disk. Dan sistem akan memberi pemberitahuan bahwa cache telah aman untuk dihapus. Melalui tips dan trik komputer semacam ini maka tidak harus selalu memakai hard disk pada saat komputer bekerja dan menyimpan data, sehingga dengan begitu hard disk tetap mempunyai kinerja yang optimal. Dan hal ini menjadi salah satu kelebihan bagi aplikasi ini.
Ada dua tips dan trik komputer yang bisa digunakan untuk mengaktifkan pemakaian Disk Write Caching. Yakni melalui Explorer dan melalui Device Manager. Kedua cara tersebut digunakan jika Disk Write Caching yang ada pada komputer atau laptop Anda belum diaktifkan. Namun sebenarnya aplikasi Disk Write Caching biasanya sudah langsung aktif dengan konfigurasi default. Namun pemakaian Disk Write Caching ini juga mempunyai kelemahan yakni dapat menghilangkan sebuah data jika pada saat bekerja tiba- tiba listrik padam, kegagalan pada sistem ataupun kegagalan pada software. Untuk itu setelah Anda mengaktifkan pemakaian aplikasi  ini ada baiknya Anda juga menonaktifkannya setelah pemakaian. Berikut saya bahas cara mengaktifkan fitur ini beserta cara mengaktifkannya.
Mengaktifkan Disk Write Caching Melalui Explorer
Mengaktifkan Disk Write Caching dalam tips dan trik komputer bisa dilakukan sendiri oleh Anda dirumah tanpa harus membawanya ke tempat peng- installan komputer. Dan cara di bawah ini merupakan step by step dalam mengaktifkannya melalui Explorer. Yang harus Anda kerjakan pertama kali adalah membuka drive pada komputer melalui Explorer lalu kemudian arahkan cursor Anda pada salah satu partisi yang ada pada hard disk. Kemudian pilih properties. Setelah Anda mengklik properties, maka akan terlihat jendela properties drive yang sesuai dengan partisi yang Anda pilih. Lalu pilih tab hardware kemudian klik properties. Setelah selesai Anda tinggal memilih menu Policies lalu beri centang pada kotak yang disampingnya bertuliskan Enable write caching on this device lalu pilih OK.
Mengaktifkan Disk Write Caching Melalui Device Manager
Cara kedua tips dan trik komputer yang bisa dipakai untuk mengaktifkan fitur Disk Write Caching melalui Device Manager Windows. Proses untuk mengaktifkannya hampir mirip dengan cara menggunakan Explore. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuka Device Manager lalu pilih Disk Drives kemudian arahkan cursor ke sebelah kanan kemudian pilihlah properties. Kemudian Anda buka tab Policies dan berilah centang di kotak yang pada bagian samping bertulis Enable write caching on the device lalu klik OK untuk mengaktifkannya. Cara ini lebih mudah dalam mempraktekkannya apalagi jika performa komputer Anda sudah mulai lambat karena harddisk.
Cara Menonaktifkan Cache Disk Write Caching
Dengan adanya beberapa program tambahan tips dan trik komputer, aplikasi Disk Write Caching harus diaktifkan dan dinonaktifkan pemakaiannya. Cara menonaktifkankannya pun mudah. Anda tinggal membuang tanda centang yang tadi Anda beri centang di bagian Enable write caching on the device kemudian klik Ok untuk mengakhiri proses konfigurasi.
Kesimpulan
Fitur Disk Write Caching berguna untuk menambah kemampuan penyimpanan data pada drive. Ketika kinerja komputer atau laptop Anda menjadi lambat maka Anda bisa menggunakan salah satu tips dan trik komputer ini untuk meningkatkan kembali performanya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment