"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 24 July 2013

Kamera digital di masa sekarang ini menjadi barang yang sangat5 dibutuhkan hampir bagi siapa saja. Maka, tak pelak kehadirannya pun bisa ditemukan mulai dari kamera profesional hingga di dalam ponsel murah sekalipun.
Namun, masalah kemudian muncul ketika kamera tersebut juga membutuhkan tempat untuk menyimpan gambar hasil jepretan pengguna. Seringkali, memori bawaan yang disediakan baik di dalam kamera ponsel maupun DSLR sekali pun tak cukup untuk menampung hal ini.
Oleh karenanya, kemudian diciptakanlah SD Card atau kartu memori eksternal. Lewat kartu memori ini, makin banyak gambar hasil jepretan bahkan video yang dibuat pengguna bisa disimpan secara leluasa.
Saat ini sendiri, sudah banyak bermunculan SD Card dengan berbagai spesifikasi hingga besarnya memori. Kesemuanya ini disediakan untuk dipasang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Yang jadi pertanyaan, sudahkah Anda menemukan SD Card yang tepat untuk kamera Anta? Jika belum, simak beberapa tips berikut:
  • Jika kamera Anda merupakan kamera dasar yang hanya bisa digunakan untuk memotret, seperti kamera ponsel misalnya, ada baiknya ambil saja SD Card standar yang banyak diecer. Jangan terlalu pusing dengan kemampuan baca-tulis kamera, cukup beli yang memiliki memori besar dan sesuai dengan budget Anda.
  • Jika kamera Anda merupakan kamera digital biasa, mungkin ini saatnya untuk memikirkan SD Card yang lebih bagus. Dengan kamera ini, selalu gunakan SD Card dengan kemampuan baca-tulis hingga 30 MBps dan memori hingga 16GB. Hal ini diperlukan mengingat sebagian besar kamera tersebut memerlukan memori yang besar untuk menyimpan tiap hasil foto.
  • Untuk DSLR entry-level atau kelas pemula, pilihlah SD Card yang lebih berkelas. Bisa dengan mengambil SD Card dengan kemampuan baca-tulis hingga 45 MBps dengan memori hingga 64 GB.
  • Sementara itu, bagi Anda yang menggunakan kamera profesional, sebaiknya mulai pikirkan SD Card kelas atas yang memiliki kemampuan baca-tulis super cepat dan memori yang besar. Saat ini sendiri, sudah ada SD Card yang mampu berjalan dengan kecepatan hingga 95 MBps dan memori hingga 128 GB.
Saran terakhir, ada baiknya Anda membeli beberapa SD Card dengan memori sedang (4-8 GB) daripada membeli satu saja yang memiliki memori besar (16-128 GB). Hal ini perlu dipertimbangkan jika saja memori tersebut rusak.
Dengan memiliki banyak SD Card, Anda akan sangat terbantu jika tiba-tiba salah satunya rusak ketika sedang sibuk memotret.

0 komentar:

Post a Comment