"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 14 July 2013

Banyak sayuran yang menyediakan aneka nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah antioksidan. Zat kimia ini, manfaatnya terutama dapat membantu mencegah radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan juga sangat baik bagi kulit sehingga membuat kulit lebih mudah beregenerasi.
Umumnya antioksidan ini terdapat pada sayuran berwarna hijau, namun selain itu sayuran berwarna orange atau merah juga kaya kandungan antioksidan. Salah satunya adalah wortel, sayuran yang populer diolah sebagai sop.
Warnanya yang kuning, orange atau orange kemerahan ini menandakan ia juga kaya akan betakaroten, yang tak hanya baik untuk mata tetapi juga baik untuk kulit. Nah, saking hebatnya si wortel ini, sangat dianjurkan untuk menambahkan wortel dalam konsumsi harian.
Apa saja sih manfaat wortel?
Mengurangi resiko stroke
Dilansir oleh spotonthelist, wortel membantu mengurangi resiko serangan stroke. Mereka yang setiap harinya rajin mengonsumsi wortel, 68% punya kesempatan terjauh dari stroke.
Kalau tidak bisa setiap hari bagaimana?
Disarankan agar setidaknya mengonsumsi 5 buah wortel dalam seminggu. Anda bisa mengatur kapan porsinya akan diolah dan dikonsumsi.
Merawat kesehatan gigi
Dikatakan oleh para ilmuwan bahwa makan wortel dapat membantu membersihkan mulut dan merawat kesehatan gigi. Uniknya, sayuran yang satu ini berfungsi seperti sikat gigi saat dikunyah. Membantu menyingkirkan plak dari dalam gigi dan aneka partikel yang tersangkut di sana.
Wortel juga mencegah pendarahan pada gusi dan memelihara gusi agar tetap sehat.
Mengatasi problem pencernaan
Nenek moyang memanfaatkan wortel untuk mengobati diare secara alami. Kabarnya, wortel dapat mencegah perkembangan bakteri sehingga proses penyembuhan diare bisa berlangsung lebih cepat.
Karena mengandung potassium, sodium, sulfur, magnesium dan fosfor, wortel juga dapat mengatasi problem pencernaan. Sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan perut tidak sembelit.
Bekerja sebagai antiseptik
Sudah sejak jaman dulu dipercaya wortel dapat menjadi antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi pada kulit. Cara termudah adalah dengan mengaplikasikannya pada luka dan membalutnya hingga kering.
Mempercantik kulit
Sudah disebutkan di atas kan kalau wortel ini ampuh untuk merawat kulit. Keampuhannya termasuk menjaga dan merawat kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin A dalam wortel dapat mengusir pigmentasi atau noda hitam pada kulit.
Memaskerkan wortel pada kulit wajah sekaligus mencegah dan mengurangi kerutan di wajah.
Mencegah kanker
Karena ada kandungan falcarinol, wortel ini ampuh untuk mengurangi resiko terkena kanker terutama kanker usus, kanker paru-paru dan kanker payudara. Seratnya dapat membantu membersihkan usus dengan maksimal dan meningkatkan kualitas sel-sel di dalam payudara.
Baik untuk kesehatan mata
Vitamin A di dalam wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Di mana mata menjadi lebih jernih serta penglihatan di kegelapan atau malam hari jadi lebih tajam. Wortel juga melindungi mata dari serangan penyakit katarak yang biasanya menyerang mata yang sudah berusia.
Tak ada alasan lagi menolak dan menyisihkan wortel dari mangkok sup Anda, mari konsumsi wortel untuk memaksimalkan hidup sehat Anda.

0 komentar:

Post a Comment