"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Friday, 5 July 2013

Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah

Kadang kita makan makanan tapi kurang tahu tentang manfaat atau khasiatnya. Di entri ini aku akan menulis tentang khasiat dan manfaat bawang merah yang mungkin anda semua belum tahu. Sebenarnya artikel ini aku ambil sumbernya dari web yang bernama  Bold Sky tentang health/kesehatan.

✿ Manfaat bawang merah
Selain bisa digunakan untuk bumbu masakan, masak sayur, lauk atau bikin sambel atau juga bisa digoreng untuk menambah aroma makanan tetap segar dan wangi, bawang merah juga bisa dimakan mentah. Kalau makan bawang merah yang mentah biasanya buat lalap waktu makan sate,dll atau bahkan ada yang suka makan dalam keadaan mentah tanpa untuk lalapan. Apabila bawang merah dimasak terlalu matang waktu digunakan untuk bumbu masakan maka vitamin dan kandungan nutrisinya bisa hilang.

✿ Manfaat bawang merah untuk kesehatan
Berdasarkan sumber dari majalah Bold Sky bahwa manfaat bawang merah untuk kesehatan asalah bisa mengatasi kontipasi. Kontipasi sering disebut juga ''sembelit'' adalah kelainan pada sistim pencernakan (bisa terjadi pada manusia atau hewan) dimana seseorang yang kontipasi akan mengalami pengerasan tinja sehingga sulit untuk dikeluarkan dan mengalami kesakitan. Kontipasi yang sudah cukup parah dinamakan ''obstipasi'' dan bisa menyebabkan kanker usus. Serat yang ada di dalam bawang merah bisa melunturkan racun dan partikel keras makanan yang menempel pada usus.


Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah

✿ Bawang merah untuk sakit tenggorokan
Biasanya kalau kita sakit pilek atau batuk akan mengalami sakit tenggorokan. Bawang merah bisa dipakai untuk mengobatinya yaitu dengan cara dibuat jus yang segar dengan menambahkan madu dan gula merah terus diminum.


✿ Manfaat bawang merah untuk diabetes, jantung, darah tinggi
Khasiat bawang merah juga bisa untuk mengontrol penyakit diabetes. Apabila dimakan mentah, bawang merah bisa meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat. Dengan mengkonsumdi bawang merah secara rutin juga bisa melindungi jantung dari penyakit koroner. Bawang merah apabila dikonsumsi mentah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tertutup juga bisa mengkontrol kadar level kolesterol. Bawang merah bisa mengontrol level kolesterol jahat karena di dalamnya terdapat kandungan sulfur asam animo dan methylallyl sufida.

✿ Bisa mencegah perkembangan sel kanker
Bawang merah juga bisa mencegah perkembangan sel kanker karena mengandung senyawa belerang yang bisa melindungi kolon, perut, dada, paru-paru, dan kanker prostat.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat bawang merah, intinya bahwa sebenarnya dawang merah malah bagus apabila dikonsumsi secara mentah. Apabila tidak tahan dengan baunya, bawang merah bisa dicampurkan dalam roti sandwich, salad sayuran, atau burger dan tentunya setelah makan harus sikat gigi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment