"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 16 July 2013

Salah satu faktor dari Mempercepat Loading Blog adalah dengan cara mengoptimalisasi tampilan gambar yang dipublikasikan dalam postingan. Proses optimalisasi ini sangat penting dilakukan karena kita tahu jika gambar memiliki ukuran yang besar, sehingga hal ini akan berdampak pada kecepatan loading blog secara langsung.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam mengoptimalisasi tampilan gambar di blog ini, antara lain:

Menggunakan software editing gambar.

Kita dapat menggunakan software yang biasanya digunakan untuk mengedit gambar guna mendapatkan resolusi dan ukuran yang lebih kecil. Jika kita menggunakan photoshop, saat hendak menyimpan gambar pilih lah “Save for the web”. Dengan demikian, gambar yang akan kita publikasikan dalam postingan blog ini akan memiliki ukuran yang pas dengan tampilan web dan akan berpengaruh pada kecepatan loading web tersebut.

Gunakan Online Image Optimizer.

Jika kita tidak memiliki software editing gambar, ada jasa editing gambar secara online yang gratis bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah Dynamic Drive. Pada situs tersebut kita dapat memasukan gambar dari laptop atau PC yang kemudian kita unggah untuk diubah ukuran resolusinya hingga mendapatkan ukuran yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Pada situs tersebut, kita juga dapat mengkonversi format file gambar menjadi format file gambar lainnya sesuai yang kita inginkan. Format file gambar seperti JPEG, GIF, dan PNG.

Kelihatannya cukup ribet ya?
Tapi jika kita ingin mendapatkan hasil loading blog yang baik, maka optimalisasi gambar sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika blog kita tersebut merupakan sebuah blog yang setiap postingannya selalu menampilkan banyak gambar seperti sebuah galeri atau jurnal gambar-gambar. Wao, pastinya sangat perlu untuk dioptimalisasi bukan?

Ada yang ingin menambahkan?
Kalau ada yang ingin ditanyakan silakan disampaikan lewat kotak komentar ya kawan.
Salam blogger.

0 komentar:

Post a Comment