"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 2 July 2013

Batu empedu terbentuk karena adanya penyumbatan di saluran kantung empedu. Bila dibandingkan dengan pria, wanita memiliki risiko lebih besar terkena batu kandung empedu. Batu kandung empedu pada akhirnya akan mengakibatkan peradangan atau infeksi. Selama kehamilan dan setelah melahirkan, peningkatan risiko penyakit menjadi lebih besar karena berbagai alasan yang berhubungan dengan kehamilan dan perubahan tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab terbentuknya batu empedu setelah melahirkan, seperti dilansir Boldsky.

1. Progesteron

Batu empedu yang terbentuk pada wanita setelah melahirkan disebabkan oleh perubahan berbagai hormon dalam tubuh, terutama progesteron. Progesteron menyebabkan otot untuk rileks dan ini juga akan mempengaruhi kantong empedu. Relaksasi otot-otot di kandung empedu akan memperlambat aliran empedu. Empedu yang tidak dapat dirilis dapat menyebabkan pembentukan batu empedu.

2. Obesitas

Kebanyakan wanita menghadapi kenaikan berat badan yang cepat selama atau setelah kehamilan. Ini bisa menjadi alasan penting untuk pembentukan batu empedu. Akibat dari kenaikan berat badan terjadi produksi dan sekresi peningkatan jumlah kolesterol. Hal ini meningkatkan risiko pengembangan batu empedu setelah kelahiran.

3. Keturunan

Wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan batu empedu lebih rentan mendapatkannya setelah melahirkan. Ada banyak gen yang ditemukan bertanggung jawab untuk pembentukan batu kandung empedu. Mereka yang memiliki faktor keturunan memiliki batu empedu harus melaporkannya ke dokter untuk mendapatkan nasihat medis yang tepat.

4. Usia kehamilan lanjut

Wanita yang hamil setelah usia 35 tahun berada pada risiko lebih tinggi terkena batu empedu. Lanjut usia merupakan faktor risiko umum untuk pembentukan batu empedu dan kehamilan pada usia ini akan meningkatkan risiko tersebut.

5. Penurunan berat badan yang drastis

Penurunan berat badan yang drastis juga menjadi penyebab pembentukan batu empedu. Ketika wanita kehilangan berat badannya secara mendadak, kolesterol ekstra akan terakumulasi dalam empedu yang pada akhirnya dapat menyebabkan pembentukan batu empedu.

Inilah penyebab dari pembentukan batu empedu pada wanita, khususnya setelah melahirkan. Jadi, pastikan para wanita lebih memerhatikan kondisi kesehatan tubuhnya sebelum dan setelah melahirkan.

0 komentar:

Post a Comment