"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 24 August 2013

Android yang berbasis Linux sudah digunakan sekitar 65% handphone di seluruh dunia. Bila dulu kita mengenal Symbian sebagai OS yang paling familiar, kini Android jauh meninggalkannya. Android yang didesain untuk perangkat layar sentuh sudah akrab sekali dengan pengguna mobile phone karena userinterface yang friendly, apalagi Android merupakan open source, membuat perkembangannya sangat sulit dihentikan karena orang-orang bisa mengotak-atik Android sendiri sesuka hati asal tahu bahasa pemograman Android. Kali ini kita tidak akan membahas coding yang sulit, kita lebih memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Android Jelly Bean yang mungkin Anda belum mengetahuinya. Bagaimana tip dan trik ini? Mari kita simak bersama-sama.
Force Rebort
Tidak jarang terjadi dimana handphone Android Anda menjadi freez bisa karena mencoba aplikasi, game, pengaturan atau yang lainnya. Karena fleksibelnya Android kita jadi ingin men-ini-itukannya. Agar tidak terlalu memakan waktu ketika merestartnya kita bisa menggunakan salah trik ini.
Cukup tekan tombol volume + Tombol Home + Tombol Power dalam waktu yang bersamaan. Ini akan membuat handphone Anda mati dalam sekejap.
Akses cepat ke Google
Android adalah OS yang suport ke internet. Anda tidak akan menemukan ponsel Android yang tidak bisa internetan kecuali tidak ada pulsa atau sinyal. Trik ini berlaku pada kebanyakan handphone Android Jelly Bean. Apalagi Android adalah produk Google, pastinya mereka mempermudah aksesnya. Untuk akses cepat cukup dengan tekan tombol menu dan tahan beberapa saat hingga muncul pencarian Google.
Meroboot Android dengan safe mode
Sama seperti komputer, Android terbaru juga bisa direboot melalui safe mode. Ini diperlukan jika terjadi sesuatu yang salah dengan ponsel Android Anda seperti lupa password, kesalahan sistem dan lain sebagainya. Untuk melakukannya ikuti panduan di bawah:
  • Tekan tombol power dalam waktu yang lama
  • Kemudian tekan pilihan power
Bila berhasil aka nada notifikasi yang mengatakan kalau Anda dalam keadaan safe mode. Aplikasi pihak-ketiga di ponsel Anda akan di nonaktifkan semua pada safe mode. Anda hanya bisa menggunakan aplikasi bawaan ponsel Anda. Untuk kembali ke mode normal cukup restart ponsel Anda.
Face Recognition untuk Membuka Ponsel
Pada Android Jelly Bean kita bisa menggunakan wajah kita sebagai kunci untuk membuka handphone. Tetapi sebenarnya ini tidak seaman pada teknologi pengenalan wajah di kantor-kantor atau laptop. Ini sebenarnya hanya foto saja, ketika kita merekam wajah untuk menjadi kunci maka Android memoto muka kita. Foto inilah yang dicocokkan dengan FaceRecognition. Untuk mengaktifkannya Anda bisa ikuti langkah di bawah:
Settings > Security >  Screen Lock > Go to Face Unlock
Mendapat informasi mengenai handphone
Cukup dengan menekan #*#*#4636 akan memberikan informasi, informasi baterai, statistik penggunaan dan informasi Wi-Fi, informasi yang diberikan cukup terperinci
Memindahkan instalan aplikasi
Aplikasi yang terinstal di SD Card adalah ide yang bagus karena sudah pasti memori internal lebih kecil dari pada eksternal. Ponsel Android menawarkan kita untuk bisa memindahkan instalan aplikasi ke memori internal. Caranya:
Settings > Application Settings > Manage applications > pilih aplikasi, Anda bisa memilih "SD card" Move to see.
Hard reset dan factory reset pada Android Anda
Ada dua jenis reset yang bisa kita lakukan pada Android yaitu hard reset dan factory reset.
  • Hard reset: Dial *2767*385# untuk mengatur ulang semua data (termasuk data Micro SD dan internal) serta menghilangkan pengaturan ponsel Android. Perlu Anda perhatikan, ini tidak akan ada notifikasi jadi hati-hatilah jangan untuk di coba-coba.
  • Factory reset: Ini mengembalikan pengaturan Android pada pengaturan awal (pabrik). Untuk melakukan resetnya tekan Dial : *#*#7780#*#*.
Android pada context menu
Tekan lama pada layar handphone Android Anda, pengaturan tambahan akan di tampilkan. Ini seperti klik kanan bila pada OS yang kita kenal saat ini seperti Windows atau OS X.
Mengambil Screenshoot di Android
Tanpa aplikasi pihak ketiga Android Anda bisa mengambil screenshoot. Tetapi ini screenshootnya adalah screenshoot versi Android.
Tekan tombol Home + Tombol Power (trik ini kebanyakan berlaku juga di Android lainnya)
Untuk Galaxy Nexus: Tombol Power+Volume Down
Swipe layar untuk mengambil screen shoot: untuk Galaxy Note 2 dan S3
Versi Animasi Android
Ini salah satu tip yang keren juga. Untuk melakukannya: Settings > Phone > Tap berulang kali ‘Android Version’ setelah beberapa waktu Anroid akan berganti.

0 komentar:

Post a Comment