"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 15 August 2013

Anda gemar berenang di danau? Jika iya, jangan coba-coba melakukannya di danau yang satu ini. Frying Pan Lake adalah danau 'mendidih' terbesar di dunia yang terletak di New Zealand. Seperti namanya, air di danau ini memiliki temperatur yang tinggi hingga menyerupai wajan.
Danau ini memiliki kedalaman sekitar enam meter dengan luas sekitar 38.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat gunung magma yang cukup dekat sehingga menyebabkan air danau mendidih. Meski di sekitar danau tersebut suhu hanya mencapai 50 derajat Celcius, namun air dalam danau bisa mendidih saking panasnya. Tak hanya panas, berbagai gas beracun juga terus dilepaskan di permukaan danau Frying Pan.

Beberapa wilayah di danau ini benar-benar mendidih
Air dalam danau cukup asam dengan rata-rata PH 3,5 yang berarti air tersebut tak bisa diminum. Danau ini selalu dikelilingi oleh uap, namun bukan berarti danau ini terus mendidih. Gas yang muncul adalah karbon dioksida dan hidrogen sulfida yang terus diproduksi oleh danau tersebut.

Uap yang muncul di sekitar danau sangat beracun
Meski begitu jangan coba-coba berenang di dalamnya. Selain berkemungkinan menghirup asap beracun, Anda juga bisa terpanggang hidup-hidup ketika mencapai bagian danau yang benar-benar mendidih, seperti dilansir oleh Kuriositas (10/10/12).

Di sekitar danau ini dikelilingi hutan dan alga
Lansekap di sekitar danau berbentuk seperti cerobong asap yang ditumbuhi oleh hutan dan tanaman alga berwarna biru atau hijau. Beberapa tanaman menghasilkan warna oranye dan kuning untuk melindungi diri dari sinar UV matahari.
Meski tak diizinkan terlalu dekat apalagi berenang di danau ini, namun pemandangan danau Frying Pan cukup mempesona. Berminat datang ke sana?

0 komentar:

Post a Comment