"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 22 September 2013

Dehidrasi ternyata bisa disebut sebagai kondisi medis yang cukup berbahaya. Bisa memicu berbagai penyakit lain muncul dan bahkan menyebabkan kematian.
Apabila tubuh kekurangan air, maka elektrolit di dalam tubuh tidak akan seimbang. Umumnya hal yang paling sering terjadi akan ada gagal jantung yang mengikuti, dan apabila tidak segera diselamatkan maka akan menyebabkan kematian.
Dehidrasi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi yang paling utama memang karena Anda tidak minum air dengan jumlah yang cukup. Sudah sering diingatkan bahwa kebutuhan air minum sehari-hari minimal 1-2 liter sehari. Bila kurang dari itu atau juga tidak dicukupi sama sekali selama berhari-hari, dehidrasi bisa menyerang.
Selain kurang minum, ternyata ada beberapa makanan yang juga memicu dehidrasi. Makanan atau minuman ini umumnya bersifat diuretik, sehingga akan membuat Anda seringkali buang air kecil. Dan apabila Anda tidak segera mengisi ulang air pada tubuh, lambat laun dehidrasi bisa menyerang. Kenali beberapa makanan yang mudah sekali membuat Anda haus, berikut ini:
Kafein
Kafein adalah zat yang menyebabkan diuretik dan mudah sekali ditemukan pada minuman seperti kopi. soda, dan teh. Seperti dikutip dari LiveStrong, makanan atau minuman yang mengandung kafein akan membuat Anda jadi sering buang air kecil. Pun demikian, sebenarnya kafein itu sendiri akan berkurang juga efeknya karena ikut dikeluarkan melalui air urine.
Cuka apel
Cuka apel dikenal sebagai obat herbal yang biasanya bermanfaat membantu mengatasi diabetes, kolesterol tinggi, problem berat badan, dan lain sebagainya. Memang ia cukup ampuh dan bermanfaat, namun sekaligus cuka apel juga dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk itulah disarankan setelah mengonsumsinya, dibarengi juga dengan minum banyak air putih.
Oatmeal
Oatmeal adalah menu sarapan yang mengandung silica, diuretik alami. Oatmeal akan membantu menyerap air kemudian mengeluarkannya melalui urine, inilah sebabnya Anda jadi mudah sekali haus.
Buah-buahan segar
Sekalipun buah-buahan segar banyak mengandung air, tetapi mereka juga mudah sekali membuat Anda haus lho. Apabila Anda amati, saat mengonsumsi buah segar Anda juga akan mudah sekali buang air kecil kan? Nah di sinilah bukan hanya kandungan air di dalam buah saja yang dibuang, tetapi juga yang ada di dalam tubuh.
Makanan mengandung MSG
MSG membuat Anda jadi mudah haus dan bahkan terkadang bikin tenggorokan jadi tidak nyaman. MSG yang terkandung pada makanan ringan yang biasanya menyebabkan dehidrasi. Sehingga memang harus diimbangi dengan minum banyak air putih.
Mencegah dehidrasi memang sebaiknya Anda tidak malas minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Selain untuk membantu mencegah dehidrasi, air putih juga membantu menjaga kelembaban seluruh kulit.

0 komentar:

Post a Comment