"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 22 September 2013


Tubuh kita didesain untuk mengeluarkan sisa makanan secara otomatis. Tapi, masih banyak orang yang mengaku mengalami susah BAB. Bisa jadi, hal ini adalah sebab dari posisi saat buang air besar yang salah.

Vemale Ladies pasti sering mendapati toilet duduk lebih banyak digunakan di toilet umum. Toilet duduk memang lebih nyaman daripada toilet jongkok. Tapi tahukah Anda bahwa posisi duduk yang sering kita gunakan untuk buang air besar ternyata bisa jadi salah satu faktor mengapa BAB sulit dilakukan?

Posisi duduk membuat BAB sulit dilakukan daripada saat pose jongkok (c) stomp.com.sg

Posisi duduk menyebabkan punggung dan paha kita membentuk sudut 90 derajat. Sayangnya, ini bukanlah posisi yang baik untuk BAB, karena jalan keluar BAB jadi lebih sulit dan membutuhkan usaha ekstra untuk bisa keluar. Posisi yang lebih disarankan adalah posisi 35 derajat, yang bisa dibilang lebih banyak kita lakukan saat menggunakan toilet jongkok.

Hah? Berarti Saya Harus Ganti Toilet Jongkok?

Well, meski pilihan toilet itu tergantung kenyamanan pelakunya, tidak dipungkiri bahwa beberapa orang mengaku lebih sulit menggunakan toilet jongkok. Resikonya antara lain adalah mudah kesemutan dan cepat lelah bagi yang kurang terbiasa. Namun metode jongkok boleh dibilang lebih 'alami' dan menyehatkan. Jadi, apakah Anda harus mengganti jenis toilet Anda agar bisa lancar BAB?

Tenang saja, Ladies. Ada satu cara untuk menyiasati  hal ini. Bila Anda adalah penikmat toilet duduk, gunakan tumpuan untuk kaki dengan ketinggian sekitar 30cm. Cara ini membuat Anda bisa melakukan posisi buang air besar yang lebih sehat dan aman.

Plus Minus Kebiasaan Buang Air Besar Anda

Ada beberapa dampak yang perlu Anda perhatikan dari kebiasaan duduk di toilet ini. Kebiasaan buang air besar dengan duduk ternyata bisa membuat Anda mudah konstipasi, mengalami perut kembung, masalah kandung kemih, masalah pada panggul dan sebagainya.

Sementara bila Anda melakukan kebiasaan buang air besar yang benar, maka Anda akan lebih mudah buang air besar. Selain itu mengurangi rasa sakit dan menjaga kesehatan usus. Lebih pilih cara yang aman kan daripada harus susah BAB kemudian sakit?

Pilih toilet duduk atau toilet jongkok, semua kembali pada kenyamanan Anda. Tapi bila Anda memilih toilet duduk, jangan lupa untuk sedikit mengangkat kaki Anda ke tumpuan agar lebih lancar dan sehat.

0 komentar:

Post a Comment