"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 12 September 2013

Banyak yang beranggapan bahwa untuk dapat menggunakan software terbaik dengan fitur mumpuni harus menggunakan software berbayar. Benarkah demikian?
Jika kita hidup dan menggunakan komputer di tahun 90-an, mungkin pernyataan di atas bisa dibenarkan. Hal ini dikarenakan belum banyak vendor software yang menawarkan piranti lunak terbaik dengan cuma-cuma.
Namun, kalau Anda berkaca pada masa sekarang ini, hampir semua software tersedia secara gratis. Baik itu operating system, software produktivitas (office), multimedia, hingga game.
Malah, kebanyakan software gratis ini sekarang sudah mampu bersaing dengan software berbayar sekalipun. Hal ini bisa terjadi lantaran banyak orang di dunia turut mendukung perkembangan software-software gratisan tersebut.
Contohnya saja adalah Android, operating system berbasis open source dari Android. Meskipun gratis, nyatanya Android menjadi salah satu penguasa dunia smartphone mengalahkan iOS, BlackBerry OS, bahkan Windows Phone yang berbayar.
Memang masih banyak software berbayar kelas atas yang belum bisa disaingi oleh software gratisan sekalipun. Namun, banyaknya software alternatif yang gratis juga makin menggerus pangsa pasar software berbayar ini.
Saat ini sendiri software juga dibungkus dengan berbagai macam cara agar banyak yang menggunakan. Ada yang mewajibkan pengguna membeli dulu, ada yang menggratiskan, bahkan, ada pula yang memilih kedua opsi tersebut.
Jadi, kalau ditanya apakah software gratisan masih kalah dari software berbayar? Jawabannya tentu tidak.

0 komentar:

Post a Comment