"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 1 February 2014

Cara daftar internet banking BRI cukup mudah untuk dilakukan bagi Anda nasabah bank BRI yang ingin menggunakan fasilitas Internet Banking BRI untuk transaksi perbankan. Perdaftaran Internet Banking ini bisa melalui ATM BRI terdekat, ataupun langsung melalui bank BRI. Bank BRI merupakan Bank milik Pemerintah yang pertama berdiri di Indonesia (Purwokerto, Jawa Tengah) yakni pada 16 Desember 1895. Pada awal berdiri Bank BRI masih bernama "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto" (De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden ). Dan saat ini Bank BRI menjadi salah satu bank yang terbesar di Indonesia.

Dari waktu ke waktu Bank BRI selalu melakukan inovasi untuk memudahkan para nasabahnya dalam hal perbankan. Fasilitas yang disediakan pun sangat bermanfaat. Salah satunya adalah Internet Banking yang beralamat di situs resmi BRI https://www.ib.bri.co.id . Dizaman yang serba modern ini, tentunya semakin banyak keuntungan Internet Banking yang didapatkan oleh nasabah Bank BRI. Fasilitas Internet Banking BRI bisa digunakan oleh nasabah BRI, baik Britama maupun Simpedes. Berikut ini adalah tips bagaimana cara daftar Internet Banking BRI.

MENDAFTAR INTERNET BANKING MELALUI ATM BRI


Untuk melakukan registrasi IB BRI, cukup datangi ATM BRI terdekat. Masukkan Kartu ATM BRI dan masukkan PIN Anda., kemudian ikuti langkah langkah berikut ini :
  1. Pilih MENU LAINNYA
  2. Kemudian pilih REGISTRASI
  3. Lalu pilih INTERNET BANKING
  4. Pada langkah selanjutnya Anda akan dimintan memasukkan 6 digit PIN / Password baru. Anda bisa memasukaan PIN yang sama ataupun berbeda dengan PIN Kartu ATM anda.
  5. Lalu Anda akan diminta memasukkan PIN yang sama sekali lagi.
  6. Bila sukses, lalu akan muncul USER ID anda di layar, kemudian struk akan tercetak. Simpan struk tersebut. USER ID & PIN / Password baru ini nanti yang akan digunakan untuk LOG IN di Website Bank BRI untuk keperluan Transaksi Perbankan Online (Internet Banking).

MENGAKTIFKAN INTERNET BANKING BRI

1. Silahkan kunjungi situs www.ib.bri.co.id, klik LOGIN.


2. Kemudian masukkan USER ID & PASSWORD (6 Digit) yang Anda buat saat registrasi tadi. Masukkan juga kode angka validasi yang tertera dalam kotak LOGIN.

3. Klik ENTER.
4. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman persetujuan, Anda bisa baca ketentuan dari pihak Bank BRI >> KLIK SETUJU.
5. Kemudian anda akan disuruh mengganti PASSWORD 6 DIGIT tadi menjadi 8 DIGIT, Buat Password Baru dengan kombinasi Angka dan Huruf. Password ini nanti akan digunakan terus saat akses Internet banking.
6. Jika diminta, masukkan juga alamat Email anda. Nantinya segala laporan akan dikirimkan ke email.
7. Setelah sukses, maka akan ada pemberitahuan dan nama anda muncul di screen.
8. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan layanan Internet Banking untuk aktifitas perbankan Anda, namun ini terbatas hanya untuk transaksi non finansial seperti cek saldo.

Untuk bisa melakukan transaksi finansial (Transfer, Pembelian pulsa, Pembayaran tagihan bulanan, dll) Anda harus mendaftarkan nomor ponsel Anda sebagai mToken. mToken ini berfungsi sebagai proteksi (kode angka dari Bank BRI yang akan dikirimkan melalui SMS) tambahan saat anda melakukan transfer finansial. Contoh penggunaan mToken bisa dilihat dibawah nanti. Pertama-tama anda harus mendaftarkan no ponsel anda sebagai mToken :
  • Kunjungi cabang Bank BRI terdekat, daftarkan nomor ponsel Anda kepada cust.service.
  • Setelah nomor ponsel terdaftar, anda bisa Request mToken pada saat anda Login ke Internet Banking BRI (www.ib.bri.co.id)
  • mToken akan dikirimkan ke ponsel (SMS) anda.

CARA TRANSFER UANG LEWAT INTERNET BANKING BRI

Berikut ini adalah contoh cara mengirim uang ke rekening tujuan melalui internet banking BRI (menggunakan mToken) :

1. Kunjungi www.ib.bri.co.id >> Masukkan USER ID, Password & Angka Validasi >> klik ENTER
2. Pilih menu TRANSFER.
3. Pada bilah menu sebelah kiri Anda bisa memilih TRANSFER DALAM BANK atau TRANSFER KE BANK LAIN. Ini tergantung dari nomor rekening tujuan Anda, jika sesama Bank BRI maka pilih TRANSFER DALAM BANK.
4. Pilih REKENING PIHAK KETIGA LAINNYA DI BANK BRI.
5. Kemudian isikan nomor REKENING TUJUAN >> BERI TANDA CHECKLIST & NAMA untuk menyimpan ke daftar rekening Anda.
6. Tuliskan NOMINAL UANG yang ingin Anda transfer tanpa menggunakan titik & koma.


7. Klik KIRIM, maka Anda akan dialihkan ke halaman KONFIRMASI DATA TRANSFER seperti gambar dibawah ini :


8. Klik PERMINTAAN mTOKEN >> cek SMS pada PONSEL anda >> Masukkan kode angka mTOKEN kedalam kotak mTOKEN seperti gambar diatas.

9. Masukkan lagi PASSWORD ANDA >> Terakhir klik KIRIM.

10. Jika sukses maka akan terlihat laporan TRANSAKSI ANDA TELAH DITERIMA, seperti pada gambar dibawah ini.


Demikianlah tips cara daftar Internet Banking BRI beserta contoh bagaimana cara melakukan transfer finansial. Dengan internet banking, transaksi perbankan akan terasa lebih mudah dan nyaman. Selain transfer uang, tentu saja Anda bisa melakukan transaksi lain seperti pembayaran tagihan bulanan, pajak, dll. Semoga tips ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment