Breaking News
Loading...
Tuesday 21 May 2013

Info Post
 7 Penyakit berat yang bisa dideteksi dokter gigi
Bagi banyak dari kita yang menyepelekan pemeriksaan gigi secara rutin. Padahal pemeriksaan gigi enam bulan sangat menguntungkan dan tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Selain menjaga kesehatan gigi, mulut Anda bisa mengungkapkan banyak tentang keadaan kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa ditemukan oleh dokter gigi Anda, dilansir Third Age (28/4).

Anemia:
Jika dokter gigi menemukan bahwa gusi Anda sakit dan pucat atau Anda memiliki lidah menggembung, atau lebih halus dari yang seharusnya, Anda mungkin mengalami anemia. Indikasi tersebut artinya Anda tidak memiliki cukup sel darah merah. Bisa juga jumlah sel dalam hemoglobin tidak seimbang.

Penyakit jantung:
Penyakit gusi seperti gusi bengkak, sakit dan pendarahan saat menyikat berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung atau stroke. Penyakit gusi atau rongga mulut memproduksi bakteri yang banyak dan menumpuk. Jadi, jika ada masalah di katup jantung Anda, bakteri-bakteri itu akan menyerbu dan menyebabkan infeksi jantung

Masalah perut:
Jika ada erosi gigi pada permukaan enamel dan semakin luas erosinya, hal itu mungkin disebabkan oleh asam lambung dari perut Anda . Asam ini adalah stripper enamel. Hal ini juga mungkin menunjukkan gangguan makan seperti bulimia.

Rematik (Rheumatoid Arthritis):
Kesehatan gigi mempengaruhi keadaan penderita rematik. Survei ilmiah menunjukkan bahwa orang yang menderita rematik hampir delapan kali lebih mungkin didiagnosis dengan penyakit gusi daripada orang yang tidak memiliki diagnosis ini. Hal tersebut ditandai dengan peradangan dan infeksi.

Leukemia:
Jika dokter gigi Anda pemberitahuan bahwa gusi Anda sangat merah dan meradang, mungkin menunjukkan tubuh Anda memproduksi terlalu banyak sel darah putih. Ini adalah tanda leukemia. Pengujian lebih lanjut tentu diperlukan.

Diabetes:
Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda memiliki bau mulut? Mulut kering? Atau gusi yang berdarah namun tidak kunjung surut? Ini mungkin berarti bahwa gula darah tidak dikontrol dengan baik. Jika Anda memiliki diabetes dan tidak mengontrol gula darah Anda, Anda akan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit gusi.

Kanker:
Bagian kasar di dalam serta pendarahan di mulut Anda tanpa alasan yang jelas, luka putih dan bintik-bintik di mulut Anda yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi indikasi dari kanker mulut.

Ternyata banyak berbagai penyakit yang terungkap dari mulut. Untuk itu jangan sepelekan jika ada gangguan pada mulut kita. Segera periksakan ke dokter gigi terdekat Anda.

0 komentar:

Post a Comment