"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 21 May 2013

 Ingin tidur nyenyak? Pakai seprai warna biru!
Selama ini biru sering dikaitkan dengan suasana hati yang menyedihkan. Namun menurut survei terbaru, memakai seprai warna biru untuk tempat tidur ternyata bisa membuat tidur lebih nyenyak.
Survei yang dilakukan fasilitas penginapan Travelodge di Inggris dan Irlandia tersebut menyebutkan kalau biru berhubungan dengan sesuatu yang menenangkan dan diduga mampu memperlambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah.
Selain biru, hijau dan kuning juga disarankan menjadi warna untuk seprai kasur. Kedua warna tersebut bisa membuat tidur nyenyak selama tujuh jam 40 menit.
Sayangnya, warna ungu sebaiknya dihindari. Sebab waktu tidur bisa berkurang jika kasur diberi seprai warna itu. Namun yang paling tidak disarankan adalah abu-abu dan cokelat karena sifatnya meresahkan dan gagal membuat tidur nyenyak.
Sebagaimana dilansir dari Daily Mail (16/05), sebanyak 2.000 rumah terlibat dalam survei ini. Warna seprai kasur mereka dianalisis dan dikaitkan dengan kualitas tidurnya.
Hasilnya, terbukti bahwa responden yang tidur di kamar tidur dengan dekorasi warna yang kalem - seperti kuning, biru, atau hijau - memang bisa tidur lebih nyenyak.
"Ini adalah survei yang menarik, karena ada reseptor khusus di mata yang memang sensitif dengan biru. Sehingga interaksi antara mata dan cahaya di sekitar kita bisa mengontrol fungsi tubuh, memberi tahu kapan harus beristirahat dan kapan harus beraktivitas kembali," terang Chris Idzikowski, pakar masalah tidur dari Edinburgh Sleep Centre.
Sementara itu, alasan kenapa ungu adalah warna yang buruk untuk seprai adalah karena warna tersebut sering dikaitkan dengan rangsangan kreativitas. Maka dari itu otak cenderung tetap bekerja dan sulit menikmati aktivitas tidur.
Penemuan menarik juga didapat dari survei ini. Ternyata pasangan yang tidur dengan seprai warna karamel membuat mereka bercinta rata-rata tiga kali dalam seminggu. Sementara seprai warna merah hanya membuat pasangan berhubungan intim satu kali saja dalam seminggu.
Dengan adanya penemuan ini, penting bagi Anda untuk memerhatikan dekorasi kamar tidur. Sebab warna-warna yang digunakan untuk dekorasi kamar memang terbukti mampu memengaruhi suasana hati dan kualitas tidur.

0 komentar:

Post a Comment