"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 21 May 2013

 Aerobik, olahraga paling efektif untuk tangkal depresi
Olahraga telah lama diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi masalah depresi atau mental, ketika dilakukan sendiri atau dikombinasikan dengan perawatan lain. Namun baru-baru ini peneliti menemukan bahwa aerobik adalah olahraga paling efektif untuk mengatasi depresi.
Hal ini ditemukan oleh peneliti di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas. Penemuan ini menunjukkan bahwa aerobik merupakan olahraga paling efektif untuk pasien yang mengalami depresi. Sementara itu, hal serupa tak ditemukan pada jenis olahraga berat lainnya.
Ketua penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Practice menyarankan agar pasien yang mengalami depresi melakukan tiga sampai lima sesi olahraga aerobik, dengan waktu 45 - 60 menit setiap sesinya, seperti dilansir oleh Third Age (10/05).
Data menunjukkan bahwa pasien mengalami peningkatan dan lebih sedikit menunjukkan tanda-tanda depresi setelah empat minggu melakukan olahraga aerobik. Meski begitu peneliti menyarankan agar pasien tetap melakukan olahraga setidaknya 10 sampai 12 minggu untuk bisa mendapatkan efek optimal dalam pengobatan depresi.
Peneliti menemukan banyaknya pasien yang berhenti berolahraga, padahal hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan mental mereka. Meski begitu, olahraga yang dilakukan masih bisa bermanfaat. Untuk itu, sebaiknya para peneliti mendukung pasien yang mengalami depresi untuk melakukan olahraga aerobik, meski tidak terlalu rutin.

0 komentar:

Post a Comment